HUBUNGAN KOMUNIKASI BIDAN DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL PADA PELAYANAN ANC DI PUSKESMAS SIMANGARIMBUN KOTA PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Sri Rahma Friani Universitas Efarina
  • Tati Adriana Saragih Universitas Efarina
  • Enrika T Pasaribu Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.51544/jrh.v9i1.6313

Keywords:

Komunikasi Bidan, Kepuasan Ibu, Pelayanan ANC

Abstract

Antenatal Care (ANC) merupakan upaya pencegahan risiko kehamilan melalui pelayanan kesehatan bagi ibu hamil sesuai standar kebidanan. Di Sumatera Utara, cakupan ANC K-1 sebesar 90% dan K-4 sebesar 85,9% masih di bawah target nasional 95%. Rendahnya lingkup ini dipengaruhi oleh kurangnya komunikasi antara bidan dan ibu hamil, sehingga kepuasan dan minat kunjungan ulang menurun. Tetapi, komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong ibu hamil untuk kembali memeriksakan kehamilan. Tujuan: untuk meningkatkan hubungan komunikasi antara bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil pada pelayanan ANC di Puskesmas Simangarimbun pada bulan April sampai Juni 2024. Hasil: pada pelayanan ANC mayoritas puas yaitu 65,8%, kepuasan ibu mayoritas puas yaitu 57,9%, hubungan antara komunikasi bidan dengan tingkat kepuasan ibu dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Diharapkan ibu hamil sering memeriksakan kehamilannya minimal 6 kali selama kehamilan dan bidan diharapkan memberikan komunikasi yang baik pada ibu hamil saat melakukan pemeriksaan kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken dalam Rahmadani, 2019, Komunikasi dalam Praktik Kebidanan, Jakarta, Salemba Medika

Atik Tri Lestari (2018), Faktor-Faktor yang terjalin dengan tingkat kepuasan ibu hamil pada service di Klinik Pratama Anugerah.

Azwar, 2020, Sikap Manusia, teori dan pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Isnaini, 2020, Bahan ajar komunikasi dalam praktek kebidanan, Palopo, LPPI UM Palopo

Nursalam, 2020, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta

Kemenkes RI, 2020, Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas dan Bayi Baru Lahir, Jakarta, Kementerian Kesehatan

___________, 2019, Pedoman pelayanan antenatal terpadu, Jakarta, Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat

Liliweri, 2018, Gatra komunikasi antar budaya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Novita, 2017, Jaminan mutu layanan kesehatan, Jakarta, EGC

Nurhayati, 2018, Kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan di bidan praktek swasta Pare, Kediri

Pohan, 2020, Sikap dan Komunikasi bidan terhadap tingkat kepuasan ibu hamil pada pelaksanaan antenatal care di Praktek swasta, Jakarta

Profil Dinas Kesehatan Sumatera Utara, 2019

Purwanto, 2019, Buku saku komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan, Jakarta, Trans Info Media

Ramli, 2018, Pendekatan mutu dan kepuasan pelanggan dalam pelayanan kesehatan materna, Jakarta, EGC

Rita Yulifah, 2020, Komunikasi dalam praktek kebidanan, Jakarta, Salemba Medika

Saifuddin. 2019, Buku acuan ansional pelayanan kesehatan maternal dan neonatal, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka.

Winkel dalam Octama, 2019, Asuhan kehamilan untuk kebidanan, Jakarta, Salemba Medika

Downloads

Published

2025-08-16