HUBUNGAN KUALITAS KONSELING KB TERHADAP KEPUASAN AKSEPTOR KB DI DESA UJUNG LABUHAN KECAMATAN NAMORAMBE TAHUN 2024

Authors

  • Suharni Pintamas Sinaga STIKes Senior
  • Nurmiyati Nurmiyati STIKes Senior

DOI:

https://doi.org/10.51544/jrh.v10i1.6252

Keywords:

Hubungan, Kualitas Konseling, Kepuasan, Akseptor KB

Abstract

Latar belakang: Program Keluarga Berencana (KB) bertujuan menyeimbangkan pertumbuhan penduduk melalui penerimaan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS). Pada tahun 2022, mayoritas akseptor memilih kontrasepsi suntik (61,9%) dan pil (13,5%), menunjukkan kecenderungan pada metode jangka pendek dibanding Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) (Profil Kesehatan Indonesia, 2022).

Tujuan: mengetahui hubungan kualitas konseling KB terhadap kepuasan akseptor di Desa Ujung Labuhan, Kecamatan Namorambe, tahun 2024.

Metode: menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi square.

Hasil: menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas konseling KB dan kepuasan akseptor (p-value = 0,047).

Simpulan: pentingnya kualitas konseling KB agar lebih mengerti kelebihan dan kekurangan alat kontrasepsi yang digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat A. 2014. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta. Salemba Medika

https://www.google.com/search?q=komunikasi+antar+pribadi+dan+konsep+resarch&oq=komunikasi+antar+pribadi+dan+konsep+resarch&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBgAEEUYOdIBCTE4MTYxajBqN6gCCLACAQ&sourceid=chrome&ie=UTF-8#ip=1

Indrasari M. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya. Unitomo Press

Isnaini Dkk. Hubungan Kualitas Pelayanan Kontrasepsi Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor. Volume 7. Purwokerto. Viva Medika.

Jitowiyono & Rouf. 2019. Keluarga Berencana (KB) Dalam Perspektif Bidan. Yogyakarta. PT. Pustaka Baru.

Kementerian Kesehatan RI. 2022. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2022. Jakarta

Kurniasih D. 2021. Kepuasan Konsumen. Banten. Bintang Sembilan Visi Tama.

Profil Sumatra Utara. 2022. Buku Profil Dinkes Tahun 2022. Sumatra utara

Purwoastuti & walyani. 2021. Panduan Materi Kesehatan Reproduksi & Keluarga Berencana. Yogyakarta. Pustka baru press.

Riyadin. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Volime 2. Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro.

Sandi, W. 2018. Pengaruh Konseling Terhadap Akseptor KB Dalam Pengambilan Keputusan Alat Kontrasepsi Pada Masa Nifas Di Klinik Pratama Niar Tahun 2018. Medan. Politeknik Kesehatan Medan.

ttps://www.researchgate.net/figure/Gambar-1-Model-konseptual-penelitian-ini-Kerangka-berfikir-penelitian-2024

Wulandari, D. 2022. Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC

Downloads

Published

2025-07-31