JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT <p style="text-align: justify;">Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, pendidikan dan perilaku seks pada anak,media pembelajaran dan dampak implementasi kurikulum. Diharapkan jurnal ini dapat menjadi wadah bagi peneliti di bidang pendidikan untuk memperkaya kajian penelitian khususnya di bidang pendidikan.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1471338305">2541-0253 </a>(media online)</strong></p> en-US fakultas.pendidikan@gmail.com (Mery Silalahi) kamuskerisman@gmail.com (Kerisman Halawa) Mon, 01 Dec 2025 11:38:12 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/6462 <p><strong>Latar belakang</strong>: Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial pada pembelajaran IPS, namun hasil observasi menunjukkan siswa kelas VII 1 SMP Negeri 6 Gorontalo mengalami keterbatasan dalam memberikan argumen, menyimpulkan, serta menghubungkan konsep IPS dengan situasi nyata. Kondisi ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya interaksi siswa dalam proses belajar.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII 1 SMP Negeri 6 Gorontalo.</p> <p><strong>Metode</strong>: menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dua pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Instrumen penilaian mengacu pada lima indikator berpikir kritis menurut Ennis: memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi serta taktik.</p> <p><strong>Hasil</strong>: menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kondisi awal, kemampuan berpikir kritis hanya mencapai 29%. Pada siklus I, persentase kemampuan meningkat pada setiap indikator: memberikan penjelasan sederhana 73%, membangun keterampilan dasar 71%, menyimpulkan 68%, memberikan penjelasan lanjut 71%, dan mengatur strategi serta taktik 73%. Pada siklus II terjadi peningkatan lebih lanjut, yaitu 86%, 85%, 85%, 77%, dan 85%.</p> <p><strong>Kesimpulan:</strong> Penerapan Cooperative Script terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran kooperatif yang dapat diintegrasikan dalam pengembangan praktik pendidikan dan program pengabdian masyarakat terkait peningkatan kompetensi abad 21.</p> Dinda Rahmawati Djafar, Meyko Panigoro, Ardiansyah, Melizubaida Mahmud, Sudirman Copyright (c) 2025 Dinda Rahmawati Djafar, Meyko Panigoro, Ardiansyah, Melizubaida Mahmud, Sudirman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/6462 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0700