HUBUNGAN REWARD AND PUNISHMENT OLEH GURU PAK DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i1.756Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan reward dan punishment oleh guru PAK dengan motivasi belajar siswa, (2) hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar PAK siswa, (3) hubungan reward and punishment dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan motivasi belajar PAK siswa. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi 163 Siswa dengan jumlah sampel 49 Siswa yang diambil dengan menggunakan teknik acak proposional berstrata. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket dan dengan menggunakan uji hipotesis korelasi ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan: (1) reward and punishment dengan motivasi belajar dengan rhitung> rtabel yaitu (0.43 > 0.28) dan thitung > ttabel yaitu (3.24> 2.00), (2) perhatian orang tua dengan motivasi belajar dengan rhitung> rtabel yaitu (0.44 > 0.28) dan thitung > ttabel yaitu (3.36> 2.00), (3) reward and punishment dan perhatian orang tua dengan motivasi belajar dengan rhitung = 0.53, dan uji signifikan diperoleh nilai Fh > Ft yaitu (8.98 > 3.19) maka koefisien korelasi ganda yang diuji adalah signifikan sehingga dapat diberlakukan dimana sampel diambil.
Kata Kunci : Reward and Punishment, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar PAK.