PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Dinda Rahmawati Djafar Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo
  • Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i2.6462

Keywords:

Berfikir kritis, Model Pembelajaran Cooperatif Script

Abstract

Latar belakang: Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial pada pembelajaran IPS, namun hasil observasi menunjukkan siswa kelas VII 1 SMP Negeri 6 Gorontalo mengalami keterbatasan dalam memberikan argumen, menyimpulkan, serta menghubungkan konsep IPS dengan situasi nyata. Kondisi ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya interaksi siswa dalam proses belajar.

Tujuan: meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VII 1 SMP Negeri 6 Gorontalo.

Metode: menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dua pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Instrumen penilaian mengacu pada lima indikator berpikir kritis menurut Ennis: memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi serta taktik.

Hasil: menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kondisi awal, kemampuan berpikir kritis hanya mencapai 29%. Pada siklus I, persentase kemampuan meningkat pada setiap indikator: memberikan penjelasan sederhana 73%, membangun keterampilan dasar 71%, menyimpulkan 68%, memberikan penjelasan lanjut 71%, dan mengatur strategi serta taktik 73%. Pada siklus II terjadi peningkatan lebih lanjut, yaitu 86%, 85%, 85%, 77%, dan 85%.

Kesimpulan: Penerapan Cooperative Script terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran kooperatif yang dapat diintegrasikan dalam pengembangan praktik pendidikan dan program pengabdian masyarakat terkait peningkatan kompetensi abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., & Mustajab, A. (2021). Penerapan model Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), 112–120. https://doi.org/10.21009/jps.092.06.

Fitriani, S., Yusuf, M., & Rahmad, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 445–456.

Huda, S., Rahman, A., & Lubis, P. (2023). Implementasi Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 23–34.

Kurniawati, D., & Munawar, M. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran kooperatif. Jurnal Pendidikan Humaniora, 8(2), 67–75.

Lestari, R., & Wibowo, S. (2021). Pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui model pembelajaran kooperatif. Jurnal Cendekia Pendidikan, 5(1), 135–145. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508.

Mulyadi, F., & Fadillah, R. (2023). Cooperative Script dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2), 98–107.

Ningsih, E. (2020). Model Cooperative Script dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pedagogi, 12(4), 201–210.

Nurbaiti, S., & Hartati, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial, 4(2), 77–86.

Pratiwi, R., & Santosa, A. (2022). Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS SMP. Jurnal Kajian Pendidikan, 16(1), 55–66.

Putri, F., & Anwar, K. (2023). Cooperative Script sebagai strategi pembelajaran aktif. Jurnal Ilmiah Edusaintek, 9(1), 41–50.

Rahayu, S., & Nurhasanah, P. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan Mutiara, 8(1), 1–10.

Sari, D., & Hadi, R. (2020). Penerapan Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan siswa. Jurnal Premier Education, 10(2), 88–95.

Siregar, Y., & Manurung, H. (2021). Efektivitas Cooperative Script dalam pembelajaran IPS. Jurnal Inovasi Pendidikan Sosial, 3(1), 59–67.

Susanto, A., & Ardiansyah, H. (2022). Pembelajaran kooperatif sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 130–142.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, P., & Hasan, M. (2024). Cooperative Script pada materi sejarah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 6(1), 22–34.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Djafar, D. R., Panigoro, M., Ardiansyah, A., Mahmud, M., & Sudirman, S. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 10(2), 20–25. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i2.6462