PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI

Authors

  • yenita irawati Menyelesaikan doktor Pendidikan anak usia dini di Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.62

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di Taman Kanak-kanan Marhamah Dan Taman Kanak-kanak Kartika I-63 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-kanak. Data didapatkan dari observasi dan pengamatan yang dilakukan dilapangan. Berdasarkan analisis data kualitatif terdapat perbedaan pengaruh siswa introvert yang belajar moral melalui model bermain peran dengan model konvensional. Rata-rata skor empati siswa introvert yang belajar moral melalui model bermain peran lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional.Rata-rata siswa ekstrovert yang belajar moral melalui bermain peran dengan konvensional terdapat perbedaan yang kondusif.Bagi siswa introvert, belajar moral dengan bermain peran memberikan hasil empati lebih tinggi dari belajar moral dengan metode konvensional. Bagi siswa ektrovert, belajar moral dengan dengan bermain peran juga memberikan skor empati yang lebih tinggi daripada metode konvensional.

 

Kata Kunci: Eksperimen, bermain peran, introvert, ekstrovert.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Borba, Michele. Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Penerjemah Rianto. 2008

Brammer, Lawrence. M, Shostrom, Everet. L. Theurapeutic Psychology. London: Prentice Hall International, Inc. 1982.

Bruce, Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon. 2009.

Burden, paul R, david M Byrd. Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon. 1999.

Elliot, Andrew J, Dweck, Carol S. Handbook of Competence and Motivation. New York: The Guilford Press. 2005.

Ellis, Arthur K. Elementary Social Studies. Boston: Allyn and Bacon. 1998.

Gotman, John. The Heart of Parenting. Washington: University of Washington. 2003.

Great School Issue Paper: Socio Economic Condition and Student Behaviour. http://www.weac.org/gretschool/issuepaper/sociocondition.htm

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. Jakarta. 1997.

Johnson, Kirk A. The Peers on Academic Achievment Among Public Elementary School Student. America: Policy Research and Analysis. 2000.

Kellough, Richard. A Resource Guide for Teaching K-12. New York: Macmillan Publishing Company. 1994.

Kindsvatter, Richard, William Willer, Margaret. Dynamics of Effective Teaching. London: Longman Publisher USA. 1996.

Margaret E, Bell-Gredler. Learning and Instruction. New Yok: Macmillan Publishing Company. 1986.

Moore. Gary W. Developing Educational Resrarch. London: Scott, Foresman and Company. 1983.

Regeluth, Charles M. Intructional Theories and Models. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associate Publisher. 1999.

Semiawan, Conny R dan Raka T Joni. Pendekatan Pembelajaran Acuan Konseptual Pengolahan Kekuatan Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Depdikbud. 1993.

Smith, J. David. Inklusi. Bandung: Tarsito. 1992.

Tjeerd, Plomp and Donald P Ely. Teaching Elemetary Schooltehamtics. Boston: Lonman Publising Company. 1994.

Woofolk, Anita E. Educational Pscycologi. Boston: Allyn and Bacon. 1998.

Additional Files

Published

2017-03-27

How to Cite

irawati, yenita. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.62