EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI

Authors

  • Jheni Yusuf Saragih Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Jainatun Naimah Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Andreas Lubis Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Via Dolorosa Girsang Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.6194

Keywords:

Think Talk Write, Keterampilan Menulis, Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis karangan teks narasi siswa kelas V SDN 060883 Medan Petisah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan menggunakan pra-eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis.  Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui pada tahap pre-test persentase siswa yang tuntas sebesar 40%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan dilakukan post-test, jumlah siswa yang tuntas adalah 75%. Dari hasil uji t diketahui bahwa hasil sig (2-tailed), yaitu 0,913 > 0,05 dan di peroleh  sebesar -0,110 dan  1,72. Karena   < dari  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan teks narasi siswa kelas V SDN 060883 Medan Petisah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alek dan H.Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Demi Warni Dery (2019). “Penerapan Model Kooperatif Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher of Mathematics.

Iskandarwassid, dan H. Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saddhono, K dan Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Saragih, J. Y., Naimah, J., Lubis, A., & Girsang, V. D. (2025). EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.6194