EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.6194Keywords:
Think Talk Write, Keterampilan Menulis, Teks NarasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis karangan teks narasi siswa kelas V SDN 060883 Medan Petisah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pra-eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui pada tahap pre-test persentase siswa yang tuntas sebesar 40%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan dilakukan post-test, jumlah siswa yang tuntas adalah 75%. Dari hasil uji t diketahui bahwa hasil sig (2-tailed), yaitu 0,913 > 0,05 dan di peroleh sebesar -0,110 dan 1,72. Karena < dari maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan teks narasi siswa kelas V SDN 060883 Medan Petisah.
Downloads
References
Alek dan H.Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Demi Warni Dery (2019). “Penerapan Model Kooperatif Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher of Mathematics.
Iskandarwassid, dan H. Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saddhono, K dan Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jheni Yusuf Saragih, Jainatun Naimah, Andreas Lubis, Via Dolorosa Girsang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








.png)

