PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PRODUKTIF
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.5266Keywords:
Iklim organisasi, motivasi berprestasi, kinerja guruAbstract
Penelitian ini dimaksudkan mengetahui dan menjawab permasalahan apakah iklim organisasi dan motivasi berprestasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sub Rayon 04 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik analisis data inferensial. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling/random sampling atau pengambilan sampel secara acak yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel yang representatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan berarti antar iklim organisasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 17,7%, motivasi berprestasi terhadap kinerja guru 33,10%, iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi 31,3%. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada pengaruh langsung antara iklim organisasi terhadap kinerja guru, pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi iklim organisasi, komunikasi antarpribadi dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi pula kinerja guru di SMK Negeri sub rayon 04 Medan, maka untuk mengoptimalkan kinerja guru perlu peningkatan iklim organisasi dan motivasi berprestasi.
Downloads
References
Adler, Ronald B., dan Rodman, George, 1982. Human Comunication. New York: Rinehart and Winston, Inc.
Aida Vitaya, 2001. Pengertian Komunikasi Antarpribadi. Padang: Angkasa
Arikunto, Suharsimi, 1990 Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Rineka cipta
As’ad, Moh 1987 Psikologi Industri Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Yogyakarta: Liberty.
Colquit Jason A., Jeffry A.LePine, Michael J.Wesson. 2009. Organizational Behavior: Improving performance and commitment in the workplace.New York: the McGraw-Hill Companies.
Devito Joseph, 1989. The Interpersonal Communication. New York ; Book Harper & Row Publisher.
Gibson, J, Jhon M. Ivancevich, and J H Donnelly, Jr. 1994 Organisasi: Perilaku, Struktur, dan proses. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga
Griffin w. 1987. Management Boston:Hougton Mifflin Company
Handoko, T. Hani 2003 Manajemen, Edisi kedua: BPFE – Yogjakarta.
Herbert G. Hicks and C. Ray Gulled. 1981. Management, Fourth Edition. Auckland: McGraw-Hill International Book Company
http : // hdr stats. Undp. Org / en/ Countries/ Country fact. Sheets/city fs PRT.html tanggal 25 Mei 2011
Husaini, Usman .2008. Manjemen, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Luthans, Fred. 1998. Organizational Behavior. New York: McGraw Hill Book Company
Mark A, Shadur, Rene Kienzle, dan John J. Rodwell. 1999. Artikelnya berjudul “The Relationship between Organization Climate and Employed Perception of Involvement: The Importance of Support”.
Newstron John W. and Keith Davis. 1997. Organization Behavior; Human Behavior at Work. USA: McGraw-Hill Companies, Inc.
Sagala, H. Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Afabeta.
Sudarwan. Danim 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta
Taiguri, Renato, Litwin G. 1968. Organizational Climate, Exploration of Concept. Boston: Harvard University.
Terry Mohan, Hellen McGregor, and Zovia Strano, 1992, Comunicating: Theory and Practice. Sydney: Harcourt Brace Javanovich Pubisher.
Widjaya AW. 2000. Pengantar Studi Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Enda Dwi Karina Perangin angin, Ordekoria Saragih, Agnes Novianti Permata Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.