PENDIDIKAN SENI BERBASIS TRADISI LISAN DAN RESISDENSI DI DESA TIPANG: SENIMAN BERMASYARAKAT

Authors

  • Denata Rajagukguk Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wolter Parlindungan Silalahi Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Bambang TJ Hutagalung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.5227

Keywords:

Pendidikan Seni, Seniman Bermasyarakat, Tradisi Lisan, Residensi Seniman

Abstract

Seniman Bermasyarakat merupakan salah satu bentuk pendidikan seni yang disajikan diluar kelas belajar sekolah-sekolah. Kegiatan ini dilakukan di Desa Tipang, kecamatan Baktiraja, kabupaten Humbang Hasundutan, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan seniman bermasyarakat dapat mengangkat kesenian sebagai budaya lokal dapat berkembang dan berakar melalui pendidikan seni berbasis tradisi lisan dan residensi. Sasaran yang dipilih tentunya berfokus kepada kaum muda dan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam dan partisipasi langsung, kedua metode ini memungkinkan peneliti menggali informasi secara mendalam dan memperoleh wawasan langsung di lapangan, yang tidak hanya berdasarkan laporan lisan tetapi juga observasi dan partisipasi langsung. Konsep residensi seniman dan tradisi lisan, secara teknis, seniman yang diberangkatkan menuju desa memberikan sebuah pelatihan dan lokakarya kepada pemuda-pemudi desa. Sebelum dilaksanakan proses pelatihan, dihari-hari sebelumnya ada sebuah rangkaian diskusi dan berbagi pengalaman dengan pelaku seni yang hidup di daerah tempatan. Berdiskusi dan berbagi terhadap pelaku seni didaulat sebagai transformasi ide, gagasan dan pengetahuan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basyari, H. (2014). Nilai - Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Tradisi Memitu Pada Masyarakat Cirebon. Edunomic.

Ismail, N. (2011). Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal. Bandung: Lubuk Agung.

Maryani, E. (2011). Kearifan Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran IPS dan Keunggulan Karakter Bangsa. Konvensi Pendidikan Nasional IPS. Bandung: KONASPIPSI.

Nafiati, D. A. (2010). Revisi Taksonomi Bloom: KOgnitif, Afektif, dan Psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum.

Silaban, I. (2018). Tradisi Marhaminjon di DAerah Bonandolok Sijampolang: Kajian Tradisi Lisan. Skripsi.

Situmorang, I. (2021). Tradisi Sihali Aek Bagi Masyarakat Desa Tipang Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan. 3.

Sztompka, P. (2007). Sosiologi Perubahan Sosial . Jakarta: Media Grup.

Tambunan, A. (2020). Peranan Pemuda Dalam Pengembangan Wisata Budaya Di Desa Tipang Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Rajagukguk, D., Silalahi, W. P., & Hutagalung, B. T. (2024). PENDIDIKAN SENI BERBASIS TRADISI LISAN DAN RESISDENSI DI DESA TIPANG: SENIMAN BERMASYARAKAT. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.5227