PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT SISWA KELAS V SD NEGERI 060875 MEDAN PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Eka Margareta Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Sriadhi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673

Keywords:

Media animasi powtoon, pemahaman konsep, minat baca

Abstract

Dalam dunia pendidikan, peranan media pembelajaran sangat penting yang berguna untuk menghidupkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Akan tetapi keterbatasan media yang ada disekolah menjadi salah satu permasalahan, sehingga menuntut guru untuk membuat sendiri media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dalam penelitian ini, dikaji mengenai penggunaan media video animasi Powtoon dalam pengajaran mata pelajaran IPA, khususnya pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia, dapat memiliki berbagai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 060875 Medan. Penelitian ini bertujuan (a) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajarkan dengan media animasi Powtoon dan kelas yang diajarkan dengan media konvensional. (b) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana interaksi antara media animasi Powtoon dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (c) Untuk  mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajarkan dengan media animasi Powtoon dan media pembelajaran konvensional khususnya untuk kelas peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi. (d) Untuk  mengetahui  perbedaan hasil  belajar kelas yang diajarkan  dengan penelitian quasi eksperimental dengan desain Treatment by Level untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajarkan dengan media animasi Powtoon dan media konvensional, khususnya untuk kelas yang memiliki minat belajar rendah. Sampel dalam penelitian   ini adalah 38   peserta   didik.   Analisis  data  menggunakan Analisis  Varians-2  Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hasil pemahaman suatu penelitian atau pengalaman pembelajaran, peserta didik yang berada dalam kelas yang diajarkan dengan menggunakan media animasi Powtoon memiliki pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dalam kelas yang diajarkan dengan media pembelajaran konvensional. (b) Terdapat  pengaruh  interaksi  antara  media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil pemahaman konsep (c) Untuk kelas yang memiliki minat belajar tinggi memiliki hasil pemahaman konsep yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan menggunakan media animasi Powtoon dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan media konvensional. (d) Untuk kelas yang  memiliki  minat belajar  rendah,  hasil pemahaman konsep lebih tinggi ketika mereka diajarkan dengan menggunakan media animasi Powtoon dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan media konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunigtias, F.S., Purnamasari, L.N. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMK Perwari TulungAgung. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology) Volume 3, Nomor 1.

Dianawati Elisa, dkk. 2018. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigetion Berbantuan Media Video PowToon Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 15

Gumelar, L., Sudarwanto, T. 2020. Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Materi Shelving (RAK) Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 8 No 2 Tahun 2020 ISSN 2337-6078 764.

Haryanti, S., Suwerda, B. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Poltekker Kemenkes Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Januari 2022 ISSN: 2337-7607 e-ISSN: 2337-7593 79 Kesehatan Lingkungan.

Hamidaturommah, dkk. 2019. “Efektifitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 2. Diambil dari link http://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1462. Diakses pada tanggal 23 Maret 2021.

Rifandi, R., Ahmad, D., Gusteti, U.M. 2020. Praktikalitas Media Video Tutorial Sebagai Suplemen Digital Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Eksakta Pendidikan. Vol. 4. No.1. e-ISSN 2579-860X p-ISSN 2614-1221.

Lativa. 2020. “Pengaruh Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring”.Seminar NasionalPenelitan. Vol 1Diambil dari http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2023

Lusi Septiana. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi PowtoonTerhadap Minat Dan Hasil Belajar Geografi Peserta didikSma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Nitko, A. J., & Brookhart, S.M.B 2008. Educational assessment of student (5th ed). New Jersey: Peason Educational.

Tiwow, D. 2020. The Effect of Cooperative Learning Model of STAD to the Mathematics Understanding.Atlantis Press, diambil dari https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.063.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Sinaga, E. M., & Sriadhi. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT SISWA KELAS V SD NEGERI 060875 MEDAN PADA MATA PELAJARAN IPA. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673