Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 068006 Simalingkar

Authors

  • Satrina Sihite Universitas Katolik Santo Thomas
  • Regina Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas
  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas
  • Bogor Lumbanraja Universitas Katolik Santo Thomas
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v8i1.3974

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Kektifan Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD N 068006 Simalingkar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode expost facto, populasi dari penelitian ini keseluruhan peserta didik dengan jumlah 181 yang terbagi dalam 6 ruangan.  Sampel dalam penelitian ini memakai purposive sampel dan yang dipilih ialah peserta didik kelas IV dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan kelas di kelas IV SD Negeri 068006 Simalingkar tergolong dalam tingkat sedang pada persentase 70% dankeaktifan belajar peserta didik juga berada pada tingkat sedang pada persentase 67 %. Dari hasil uji korelasi sebesar 0.612 yang artinya rhitung (0.612) ≥ rtabel (0.361) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara pengelolaan kelas terhadap kekatifan belajar peserta didik. Dari hasil penelitian uji-T dimana thitung ≥ ttabel yaitu 4,098 ≥ 2,048 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signiifikan dari pengelolaan kelas terhadap kekatifan belajar peserta didik kelas IV SD N 068006 Simalingkar tahun pembelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banjarnahor, N., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 173418 Pollung. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 306–313.

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4066–4074.

Damanik, R. W., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2022). Analisis Pelaksanaan Bimbingan pada Kesulitan Belajar Siswa. 11(April), 467–478.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, and Aswan Zain. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta : Rineka Cipta.

Dyan Wulan Sari Hs, & Agus Kistian. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188.

Fitrah, Muh, and Hendra. 2019. Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas. Bandung-Indonesia: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Juliana. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 295–309.

Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 4(2), 260–274.

Juliana, Prayuda, M. S., & Tanjung, D. S. (2023). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 11503–11520.

Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2108–2117.

Maradona, Maradona. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD.” Basic Education 5(17):1–619.

Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.

Mailani, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.

Mailani, E., Simanihuruk, A., & Manurung, I. F. U. (2019). Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(4), 290–299.

Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103.

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Parhusip, E. M., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran dalam Jaringan terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6, 212–221.

Payon, Feni Farida et al. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD.” Jurnal Ilmiah Kontekstual 2(02):53–60.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Purba, Y. E., Sinaga, R., Juliana, & Tanjung, D. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1420–1429.

Puspitaningdyah, Dwi Okta. 2018. “Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS SD.” Joyful Learning Journal 7(1):39–47.

Ritonga, C. C., Tanjung, D. S., & Sitepu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 246–255.

Samosir, J., Sipayung, R., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VIII Kelas III SD Rk Budi Luhur Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 108–116.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1289

Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Tema Praja Muda Karana ii Kelas III SD Swasta Advent Timbang Deli. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78–87.

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Juliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4075–4082.

Sianipar, M. E. V., Gaol, R. L., Mahulae, S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Keterampilan Sosial Anak di Lingkungan Sekolah SD Negeri 066050 Kecamatan Medan Denai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 458–466.

Sigalingging, R., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 263–268.

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26).” Bandung: CV Alfabeta 1–334.

Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.

Tanjung, D. S., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 12(1), 37–44.

Tanjung, D. S., Mahulae, S., & Tumanggor, A. F. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 145–154.

Tanjung, D. S., Sembiring, R. K., & Habeahan, D. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di Sekolah Dasar Medan. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 12(2), 176–184.

Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 040549 Pebulan. Jurnal Handayani, 11(2), 1–10.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304.

Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Sihite, S., Sipayung, R., Tanjung, D. S., Lumbanraja, B., & Sitepu, A. (2023). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 068006 Simalingkar. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(1), 12–23. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v8i1.3974