Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V di SDN 043940 Perbesi Kecamatan Tigabinanga
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3387Keywords:
Kompetensi, Pedagogik, GuruAbstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kompetensi Pedagogok Guru Kelas V di SD N 043940 Perbesi Kecamatan Tigabinanga” Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan bagaimana pelaksanaan kompetensi pedagogik guru kelas V, dikarenakan saat ini terdapat guru yang tidak menjalankan profesinya sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan study kasus untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subyek/actor dan perilaku yang dapat diamati dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam dan berusaha menemukan makna yang mendasarinya mengenai pelaksanaan kompetensi pedagogik guru.kompetensi pedagogik sendiri adalah kemampuan yang dimilki oleh seorang dalam pengelolaan pembelajaran, yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang bervariasi dan dapat mendorong peserta didik untuk belajar serta melaksanakan evaluasi hasil belajar yang telah dilaksanakan untuk melihat pencapaian dari pelaksanaan proses belajar itu sendiri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 4 tahap yaitu data collection, data reduction, data display dan Verifiying. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kompetensi guru kelas V di SD N 043940 Perbesi belum terlaksana secara maksimal.
Downloads
References
Ahmad, M. (2019). Komunikasi Sebagai Wujud Kompetensi Sosial Guru Di Sekolah. OJS, 7, 33–44.
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9, 204–220.
Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1, 122–130.
Damanik, R. W., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2022). Analisis Pelaksanaan Bimbingan pada Kesulitan Belajar Siswa. 11(April), 467–478.
Fathurrahman, A., Sumardi, Yusuf, A., & Harijnato, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7, 843–850.
Helimah, L. (2019). Keterampilan Mengajar (2nd ed.). Bandung : PT Refika Aditama.
Judiani, S. (2011). Kreativitas dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17, 56–69.
Juliana. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 295–309.
Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 4(2), 260–274.
Kosarwa, D., & Halimah. (2008). Bagaimana Menjadi Guru Kreatif? Bandung: PT Pribumi Mekar.
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.
Mulyani, F. (2009). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 3, 1–8.
Mulyasa, E. (2019). Standard Kompetensi dan Sertifikasi Guru (8th ed.). Badung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.
Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.
Ritonga, C. C., Tanjung, D. S., & Sitepu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 246–255.
Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru Paud dan SD/MI. Erlangga.
Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.
Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538
Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.
Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.
Susanto, R., & Rozali, Y. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik (1st ed.). Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.
Tyagita, B., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik GuruUntuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5, 165–176.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung : Yrama widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marcelinus Milala, Antonius Remigius Abi, Juliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.