EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Afhrija Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ersi Mutia Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wenda Audina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Husnul Khotimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1751

Keywords:

Media Animasi, Efektifitas

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas V MI Ash-Sholihin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media animasi dalam proses pembelajaran IPA materi organ penernaan pada anak kelas V di MI Ash-Sholihin. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi yang menunjukkan bahwa  keefektifan media animasi pada proses pembelajaran IPA materi organ pencernaan di kelas V berada di kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas V di MI Ash-Sholihin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alannasir, W. 2018. Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motoifasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 01 : 2620-6307.
Santoso, S, Chotibuddin. 2019. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan, Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.
Gusti S, dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Medan Tuntungan : Yayasan Kita Menulis.
Akma, A, dkk. 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Ekspositori Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Mutiara Pendidikan. 05 : 2541-0253.
Suntaso, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Tamara, M, dkk. 2019. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika : 2685-6131.
Jundu, R, dkk. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan IPA. 10 : 2301-5071

Published

2020-12-22

How to Cite

Zahra, N. A., Sari, E. M., Audina, W., Khotimah, H., & Fitri, N. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 5(2), 39–43. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1751