https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/issue/feedJURNAL MUTIARA MANAJEMEN2024-10-01T01:56:44+00:00Muhammad Rasyid Ridlorasyidridlo28@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Manajemen</p> <p style="text-align: justify;"><strong>eISSN: <a title="eISSN" href="http://u.lipi.go.id/1487664422">2579-759X</a> (media online)</strong></p>https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5012Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Lima PTS Pematangsiantar2024-06-10T01:25:54+00:00Eva Solita Pasaribueva.solita.pasaribu@gmail.comElisabet Tambunanelisabet.tambunan19@gmail.comMery Lani Purbamelanielavina@gmail.comFeberman Hulufebermanhulu@gmail.comKrisman Laselasekrisman4@gmail.com<p>Tujuan dilakukannya penelitian: (1) membangun model kinerja dosen berdasarkan hubungan kausal asosiatif variabel eksogenus dengan variabel endogenus, (2) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasi, (3) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja dosen, (4) mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja dosen. Penelitian dilakukan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Pematangsiantar, melibatkan 146 dosen sebagai responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Terlebih dahulu dilakukan uji instrumen bagi responden di luar sampel agar instrumen sahih dan reliabel. Uji validitas menggunakan korelasi <em>Product Moment</em>, dan uji reliabilitasnya dengan formula <em>Alpha </em>dari <em>Cronbac</em>. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis meliputi: uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh model kinerja dosen, (2) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi sebesar 14,1%, (3) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen sebesar 3,2%, (4) komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen sebesar 8,5%.</p>2024-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Eva Solita Pasaribu, Elisabet Tambunan, Mery Lani Purba, Feberman Hulu, Krisman Lasehttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/4754Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Cafe Violet di Kota Ternate)2024-03-25T03:47:30+00:00Wiwin Suryaniwiwinsuryani021@gmail.comLaelaazhalyataniajaffa@gmail.comRirin Damayantiririndamayanti@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Melalui metode analisis regresi pada data survei dari responden</em><em> dan bantuan alat analisis software SPSS 29. P</em><em>enelitian ini menunjukkan temuan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa</em><em>: </em><em>Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen</em><em>; </em><em>Kualitas Pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menyoroti peran penting pelayanan dalam menciptakan kepuasan pelanggan</em><em>; V</em><em>ariabel Harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menunjukkan bahwa aspek harga memainkan peran penting dalam persepsi konsumen terhadap kepuasan. Pentingnya faktor-faktor ini diperkuat oleh temuan bahwa Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga bersama-sama memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.</em> <em>Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis dalam mengelola dan meningkatkan kepuasan konsumen. Menyadari bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga memiliki dampak yang lebih signifikan daripada Kualitas Produk, perusahaan dapat memfokuskan upaya mereka untuk meningkatkan aspek-aspek ini guna memperkuat hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.</em></p>2024-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Wiwin Suryani, Laela, Ririn Damayantihttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5054Pengaruh Lifestyle, Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handbody Scarlett (Studi Kasus Pada Masyarakat Lingkungan XI Jl. Garu III Medan Amplas)2024-07-12T02:41:24+00:00Putri Ramadaniputriramadani513@gmail.comRukminirukminimsi@umnaw.ac.idWan Dian Safinawandiansafina@umnaw.ac.idMuhammad Rahmatmuhammadrahmat0904@gmail.com<p><em>Many factors influence consumer decisions regarding Handbody Scarlett (Case Study, Environment XI Jl. Garu III, Amplas Community, Medan), including lifestyle, word of mouth marketing, and brand photography. This research aims to understand consumer welfare, word of mouth marketing and determine the image of Handbody Scarlett (Case Study of the Amplas Medan XI Community Circle Jl. Garu III). The research method used in this research is multivariate research, and the sampling method in this research is the Slovin sample, the population is 190 people, so the sample size is 85 participants. The data collection methods used are observation and surveys. The data analysis process used is multi-row iterative. The research results show that lifestyle changes have a partial effect on consumer decision making. Topic change messages influence consumer purchasing decisions. Changes in image patterns influence consumer purchasing decisions. Meanwhile, lifestyle changes, word-of-mouth marketing and brand image influence consumer decisions regarding Handbody Scarlett (Case Study of the Median Amplas XI Community Circle Jl. Garu III).</em></p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Putri Ramadani, Rukmini, Wan Dian Safina, Muhammad Rahmathttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5098Pengaruh Karakterisitik Individu, Motivasi Berprestasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV2024-07-12T02:42:11+00:00Jihan Maysarahjihanmaysarah@umnaw.ac.idJulianto Hutasuhutjulianto@umnaw.ac.idAnggia Sari Lubisanggiasarilubis@umnaw.ac.idAdrial Falahiadrialfalahi@umnaw.ac.id<p>Penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengetahui dan menganalisa Pengaruh Karakterisitik Individu, Motivasi Berprestasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu semua karyawan pada Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV. Total sampel pada penelitian ini yaitu 115 dengan teknik random sampling untuk mengumpulkan data karyawan Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV. Teknik mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi serta kuesioner dengan skala pengukuran data Skala Likert. Teknik analisis data menerapkan pengujian validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Metode analisa data menerapkan regresi linear berganda dengan program <em>SPSS</em>. Hasil penelitian didapatkan karakterisitik individu dengan parsial memberi pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan. Motivasi berprestasi dengan parsial memberi pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan. Lingkungan Kerja dengan parsial memberi pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan. Karakterisitik individu, motivasi berprestasi dan lingkungan kerja dengan simultan memberi pengaruh pada kinerja karyawan Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jihan Maysarah, Julianto Hutasuhut, Anggia Sari Lubis, Adrial Falahihttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5078Pengaruh Influencer Marketing, Customer Review Dan Tagline "Gratis Ongkir" Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B)2024-07-12T02:40:39+00:00Muhdiawatimuhdiawati9@gmail.comYayuk Yulianayulianayayuk018@gmail.comMuhammad Hilman Fikrihilmanrsaff@gmail.comWan Dian Safinawandiansafina@umnaw.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh <em>Influencer Marketing, Customer Review</em> Dan <em>Tagline</em> "Gratis Ongkir" Terhadap Keputusan Pembelian Pada <em>E-Commerce</em> Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B). Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu semua Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B yang membelipada <em>E-Commerce</em> Shopee yang dilihat berdasarkan banyaknya penduduk dan dihitung dari jumlah Kartu Keluarga yaitu sebanyak 860 responden, (Kepala Dusun I Tanjung Morawa B, 2024). Hasil menggunakan rumus slovin dalam penelitian ini berjumlah 89,58 dan dibulatkan menjadi 90 responden. Instrumen penelitian memanfaatkan kuesioner dan skala data yaitu likert. Teknik analisa data menerapkan pengujian validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Metode analisa data menerapkan regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil yang diperoleh dengan parsial <em>influencer marketing</em> memberi pengaruh nyata dan positif pada keputusan pembelian pada <em>E-Commerce</em> Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B). <em>Customer review</em> memberi pengaruh nyata dan positif pada keputusan pembelian pada <em>E-Commerce</em> Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B). <em>Tagline </em>“gratis ongkir” memberi pengaruh nyata dan positif pada keputusan pembelian pada <em>E-Commerce</em> Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B). Hasil penelitian dengan simultan menampilkan <em>influencer marketing, customer review</em> dan <em>tagline</em> "gratis ongkir" dengan simultan memberi pengaruh pada keputusan pembelian pada <em>E-Commerce</em> Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun I Tanjung Morawa B).</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Muhdiawati, Yayuk Yuliana, Muhammad Hilman Fikri, Wan Dian Safinahttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5074Pengaruh Beban Kerja, Team Work Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN Persero Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Delitua2024-07-13T02:26:33+00:00Marisa Husainihusainimarissa@gmail.comMelisa Zuriani Hasibuanmelisazurianihasibuan@umnaw.ac.idYayuk Yuliana Yulianayulianayayuk018@gmail.comMhd. Dani Habramhddanihabra@umnaw.co.id<p>Penelitian ini bertujuan dalam mengetahui dan mengenalisa Pengaruh Beban Kerja, <em>Team Work</em> Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pln Persero Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Delitua. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Untuk populasi penelitian ini, seluruh pekerja di PT. PLN Persero ULP Delitua yang berjumlah 60 karyawan. Seluruh karyawan PT. PLN Persero ULP Delitua, total 60 orang, diambil sebagai sampel jenuh dalam penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Penggunaan metode analisa yaitu menerapkan pengujian validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Teknik analisa data menerapkan regresi linear berganda dibantu oleh program SPSS. Hasil temuan dengan parsial beban kerja tidak memberi pengaruh nyata dan tidak positif pada kinerja karyawan. <em>Team work </em>memberi pengaruh nyata dan positif pada kinerja karyawan. Budaya kerja memberi pengaruh nyata dan positif pada kinerja karyawan. Beban kerja, <em>team work </em>dan budaya kerja secara serentak memberi pengaruh nyata dan positif pada kinerja karyawan pada PT. PLN Persero Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Delitua dengan nilai F<sub>hitung</sub> (26,541) > F<sub>tabel</sub> (3,16), dan nilai sign. senilai 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (R Square) senilai 0,587 hal tersebut artinya 58,7% variabel <em>dependen </em>bisa diterangkan dari variabel independent sementara sisa hasil diterangkan melalui variabel lainnya selain variabel yang diamati.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Marisa Husaini, Melisa Zuriani Hasibuan, Yayuk Yuliana, Mhd. Dani Habrahttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5108Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bintang Utara Putra2024-07-19T06:52:31+00:00Effina Tringganieffinatringgani03@gmail.comZamalludin Sembiringzamal1967@umnaw.ac.idAnggia Sari Lubisanggiasarilubis@umnaw.ac.idYayuk Yulianayayukyuliana@umnaw.ac.idIskandar Zulkarnaeniskandarzulkarnaen@yahoo.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana budaya organisasi, soft skill, dan hard skill mempengaruhi kinerja pekerja di PT. Bintang Utara Putra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan PT. Bintang Utara Pria. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden yang menggunakan rumus Slovin. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket dengan skala pengukuran data skala likert. Uji asumsi tradisional, validitas, dan reliabilitas digunakan dalam pendekatan analisis data. Regresi linier berganda digunakan dalam proses analisis data dengan menggunakan software SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan, setidaknya sebagian, bahwa staf PT mendapat manfaat besar dari hard skill. Bintang Utara Putra. Bagi karyawan PT, soft skill berpengaruh positif dan signifikan. Bintang Utara. Bagi karyawan PT, budaya organisasi mempunyai dampak yang besar dan positif. Bintang Utara untuk Pria. Secara simultan hasil penelitian ini menyatakan bahwa <em>hard skill, soft skill </em>dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap karyawan PT. Bintang Utara Putra dengan nilai F<sub>hitung</sub> (40,515) > F<sub>tabel</sub> (2,79), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Effina Tringgani, Zamalludin Sembiring, Anggia Sari Lubis , Yayuk Yuliana, Iskandar Zulkarnaenhttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5077Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam2024-07-19T07:41:58+00:00Fadly Herawansyah. Sfadliherawansyahs@umnaw.ac.idMuhammad Rahmat muhammadrahmat0904@gmail.comMhd. Hilman Fikri hilmanrsaff@gmail.comHoria Siregarhoriasiregar@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 responden yang diambil menerapkan rumus <em>Lemeshow.</em> Instrumen penelitian memanfaatkan kuesioner dengan skala pengukuran data Skala Likert. Teknik analisa data menerapkan pengujian validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Metode analisis data menerapkan regresi linear berganda dibantuan program <em>SPSS</em>. Hasil penelitian menampilkan dengan parsial promosi memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Harga memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Secara Simultan penelitian ini menampilkan promosi dan harga dengan bersamaan memberi pengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Nilai koefisien determinasi (R Square) pada penelitian ini senilai 0,764. Artinya 76,4% variabel <em>dependen </em>bisa diterangkan dari variabel independent sementara sisa hasil diterangkan dari variabel lainnya selain variabel yang diamati.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Fadly Herawansyah. S, Muhammad Rahmat , Mhd. Hilman Fikri , Horia Siregarhttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5076Pengaruh Kualitas Layanan Logistik, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan2024-07-04T02:28:16+00:00Siti Salwasalwasiti1201@gmail.comMelisa Zuriani Hasibuansalwasiti1201@gmail.comToni Hidayatsalwasiti1201@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan logistik, harga, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen jasa ekspedisi Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan yang berjumlah 480 orang. Menggunakan tingkat kelonggaran 7,8% yang dihitung dengan rumus Slovin, diperoleh sampel sebesar 83 pelanggan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan SPSS 29.0 for Windows. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas), analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji T, uji F, uji R). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Nilai thitung kualitas layanan adalah 2.419 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.023 < 0.05, nilai thitung harga adalah 2.419 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.023 < 0.05, dan nilai thitung citra merek adalah 2.504 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.019 < 0.05. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 5.894 > Ftabel 3.11 dengan taraf signifikan 0.008 < 0.05, artinya hipotesis bahwa kualitas layanan, harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dapat diterima. Hasil uji R2 menunjukkan nilai 0.551 atau 54.3%, yang berarti kualitas layanan, harga, dan citra merek sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sementara 45.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Siti Salwa, Melisa Zuriani Hasibuan, Toni Hidayathttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5111Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Return Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Kelurahan Sudirejo II)2024-07-15T04:38:54+00:00Rosa Nurulita Marpaungrosamarpaung28@gmail.comRukminirosamarpaung28@gmail.comToni Hidayatrosamarpaung28@gmail.comIndra Utomorosamarpaung28@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, <em>Return</em> dan <em>Online Customer Review</em> terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Pada Kelurahan Sudirejo II) baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian menggunakan data primer, instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11.000 orang konsumen Shopee di Kelurahan Sudirejo II dan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan persamaan regresi Y = 1.395 + 0.308X<sub>1</sub> + 0.305X<sub>2</sub> + 330X<sub>3. </sub>Hasil Uji Parsial (T) pada variabel Promo Gratis Ongkos Kirim diperoleh nilai sig. 0.003 < 0.05 dan t-hitung 3.020 > t-tabel 1.661, pada variabel <em>Return</em> diperoleh nilai sig. sebesar 0.003 < 0.05 dan t-hitung sebesar 3.070 > t-tabel 1.661 dan pada variabel <em>Online Customer Review</em> diperoleh nilai sig. sebesar 0.001 < 0.05 dan t-hitung sebesar 3.483 > t-tabel 1.661. Sedangkan hasil Uji Simultan (F) diperoleh nilai sig. sebesar 0.001 < 0.05 dan f-hitung sebesar 68.458 > f-tabel 2.70. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan nilai R<sup>2 </sup>sebesar 68.1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, <em>Return</em> dan <em>Online Customer Review</em> berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kelurahan Sudirejo II<em>.</em></p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rosa Nurulita Marpaung, Rukmini, Toni Hidayat, Indra Utomohttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5197Pengaruh Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Minat menabung di Bank Central Asia KCP Iskandar Muda, Medan2024-08-12T01:35:19+00:00Owen De Pinto Simanjuntakowendepintojuntak@gmail.comRoberto Roy Purbaowendepintojuntak@gmail.comMarupa Siregarowendepintojuntak@gmail.com<p>Penelitian ini berfokus pada variabel word of mouth dan gaya hidup terhadap minat menabung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Sampel yang diambil berjumlah 96 responden yang merupakan nasabah BCA KCP Iskandar Muda Medan. Data dianalisis menggunakan SPSS 26, dimana menguji validitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis untuk menguji pengaruh WOM dan gaya hidup terhadap minat menabung. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara WOM dan gaya hidup terhadap minat menabung di BCA KCP Iskandar Muda Medan. Hal ini menunjukkan bahwa rekomendasi dan informasi positif yang diberikan orang lain melalui WOM dapat mempengaruhi minat seseorang untuk menabung di bank serta penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Gaya hidup yang mengutamakan stabilitas keuangan dan pengelolaan yang bijak dapat meningkatkan minat individu untuk menabung.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Owen De Pinto Simanjuntak, Roberto Roy Purba, Marupa Siregarhttps://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5348Determinan Minat Pembelian Bening’s Skincare Melalui Aplikasi Tiktok2024-10-01T01:56:44+00:00Usnanunanusnan32@gmail.comMuhammad Romimuhammadromi258@gmail.comSarisarisari110292@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan minat pembelian produk Bening’s Skincare melalui aplikasi TikTok, dengan focus pada pengaruh <em>influencer</em>, <em>Islamic branding</em> dan <em>brand image</em>. Metode peneltiian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan sebanyak 200 responden kepada konsumen aktif menggunakan TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel independent memiliki pengaruh positif terhadap minat pembelian. <em>Influencer</em> berperan penting dalam membangun kepercayaan dan minat beli, sementara <em>Islamic branding</em> dan <em>brand image</em> yang kuat dapat meningkatkan persepsi positif konsumen terhadap produk. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif, khususnya dalam konteks ekonomi syariah. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan membantu perusahaan dalam meningkatkan daya tarik produk halal di pasar.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Usnan, Muhammad Romi, Sari