ANALISIS SWOT DI APOTEK KIMIA FARMA CILACAP TENGAH

Authors

  • Yuniariana Pertiwi Universitas Al-Irsyad Cilacap
  • Nurul Baety Khasanah Universitas Al-Irsyad Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v10i2.6521

Keywords:

SWOT, Apotek, Kimia Farma, Persaingan, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi strategis Apotek Kimia Farma 89 dan 206 di Kota Cilacap melalui pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal yang mempengaruhi kinerja kedua apotek. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai IFAS sebesar 1,77 menandakan kondisi internal yang kuat, didukung oleh reputasi brand, kualitas pelayanan kefarmasian, lokasi strategis, serta ketersediaan produk yang lengkap. Sementara itu, nilai EFAS sebesar 1,24 mengindikasikan bahwa peluang eksternal di wilayah Cilacap masih sangat besar, terutama meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan dan penggunaan obat swamedikasi.

Kombinasi kedua nilai tersebut menempatkan Apotek Kimia Farma 89 dan 206 pada Kuadran I (Growth Strategy), yang berarti kedua apotek berada dalam posisi ideal untuk melakukan strategi pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut. Secara keseluruhan, kondisi SWOT menunjukkan bahwa kedua apotek memiliki daya saing yang kuat dan layak untuk terus dilanjutkan serta diperluas layanannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisya Dwi Septiani, R., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. AGUSTUS, V(2), 130–137.

Antoni, N., Saragi, S., & Masti, I. (n.d.-a). STRATEGI BISNIS APOTEK X MENGGUNAKAN STRATEGI CANVAS BUSINESS MODEL (CBM). In Pharmamedica Journal (Vol. 8, Issue 2).

Antoni, N., Saragi, S., & Masti, I. (n.d.-b). STRATEGI BISNIS APOTEK X MENGGUNAKAN STRATEGI CANVAS BUSINESS MODEL (CBM). In Pharmamedica Journal (Vol. 8, Issue 2).

Diana Resky, & Dini Mardhiyani. (2025). Pengaruh Kehadiran Apoteker terhadap Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten Rokan Hulu. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 4(2), 506–516. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v4i2.4890

Esti Ariani. (2022). Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. 448–461. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Fairuz Bachmid, Erliany Syaodih, & Yen Emawati. (2025). Optimalisasi Strategi Manajemen dalam Meningkatkan Daya Saing Apotek Pro LoMedika. MAMEN: Jurnal Manajemen, 4(4), 654–667. https://doi.org/10.55123/mamen.v4i4.6119

Fatimah, S., Zen, H., & Fitrisia, A. (2025). Literatur Riview dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Khusus. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 41–48.

Nur, M. A. (2024). PENGOLAHAN DATA. Jurnal Ilmiah Sain Dan Teknologi, 2(11), 163–175.

Rizal, R., Shandy, V. R., Rusdi, M. S., & Afriyeni, H. (2024). Kajian Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan RSUD Sungai Dareh. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Eksakta, 3(2), 58–67. https://doi.org/10.47233/jppie.v3i2.1518

Yusuf, D., & Sukma, A. D. (2021). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Di Apotek Ben Do Sehat Pahonjean. Jurnal Teknologi Informasi, 16(Vol. XVI Nomor 1), 24–31.

Downloads

Published

2025-12-13