PENGARUH PERSONAL SELLING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PEGADAIAN CABANG KRAKATAU MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v9i2.6302Keywords:
Personal Selling, Brand Image, Loyalitas NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari personal selling dan citra merek terhadap kesetiaan nasabah di Pegadaian Cabang Krakatau Medan, baik secara terpisah maupun bersamaan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan responden yang merupakan nasabah aktif. Teknik analisis Uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linear berganda digunakan. Hasil uji menunjukkan bahwa penjualan pribadi (X1) dan gambar merek (X2) masing-masing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Nilai t-hitung personal selling (4,406) dan brand image (3,734) keduanya dengan t-tabel (1,982) lebih besar dan signifikansi < 0,05. Secara simultan, F-hitung sebesar 61,783 melebihi F-tabel 3,08, yang juga menunjukkan pengaruh signifikan kedua variabel independen terhadap loyalitas nasabah.
Downloads
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen , 4(1), 39-50.
Ervandi, M. Z. (2021). Pengaruh personal selling dan direct marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen thai tea di Surabaya. Jurnal Perfoma : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis , 6(2), 151 -161.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110-118.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen , 3(2), 171-180.
Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor pt. Mega anugrah mandiri. Jurnal Bisnis Kolega , 6(1), 43-56.
Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik Revlon (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 101-111.
LG, L. M. (2024). EFFECT OF WORK FACILITIES AND SALARIES ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY THE BRASTAGI SUPERMARKET MEDAN. JURNAL MUTIARA MANAJEMEN, 9(2), 179-191.
Maulyan, F. F., Yuniati Drajat, D., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Sains Manajemen Theoretical Review, 8-17.
Muafidah, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. FEB UNMUL, 18(4), 661-668.
Nugraha, F. S., & Astarini, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Trisakti , 3(1), 1911-1924.
Nurjaya, Erlangga, H., Sunarsi, D., Dutawaskita, N. I., & Hastono, H. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80-92.
Panjaitan, T. H., & Lutfie, H. (2016). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pt Millenium Pharmacon Internasional Tbk Cabang Bandung). e-Proceeding of Applied Science, 2(2), 448-457.
Purba, M. L., & Tambunan, E. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Body Wash Merek Dettol Pada Masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan Kelurahan Pandau Hilir Lingkungan VIII. Jurnal Mutiara Manajemen, 3(1), 235-242.
Ramadhan, A. M., Maidani, Z., & Yuhanda, G. P. (2022). Analisis Pelaksanaan Personal Selling Di Gamacomm Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 185-194.
Sarah, E. M., & Purba, R. R. (2021). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MINUMAN BEAR BRAND PADA MASA PANDEMI COVID-19. TEKESNOS : JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL , 3(1), 210-214.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.
Siagian, E., Idahwati, & Ginting, M. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Silangit Residence Pada PT. Alga Sempurna Mandiri. TEKESNOS : JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL, 4(1), 8-21.
Tambunan, E., Siregar, M., & Pasaribu, E. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dan Harga Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Alam Jaya Medan. TEKESNOS : JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL, 5(1), 103-114.
Tanjaya, V., & Wijaya, W. (2019). Pengaruh saluran distribusi dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen , 5(2), 145-152.
Wijayanto, K. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 38-45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Angelia Pasaribu Pasaribu, Jul Amring Sarumaha, Ronnie Togar Mulia Sirait

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











.png)