PENGARUH HARGA DAN PRODUK INTI TERHADAP MINAT BELI HANDPHONE REALME PADA MAHASISWA USM-INDONESIA

Authors

  • Elwinna H Manao Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Dedi Putra Matondang Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ivan Elisabeth Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.6298

Keywords:

Strategi Harga, Produk Inti, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tiga faktor yang menyebabkan harga berpengaruh terhadap minat beli handphone Realme pada mahasiswa USM-Indonesia Medan, pengaruh produk inti terhadap minat beli handphone Realme mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, dan pengaruh strategi pemasaran dan produk inti terhadap minat beli handphone Realme mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi; uji regresi linear berganda dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa harga (X1) memiliki hubungan dengan Minat beli (Y) secara parsial, seperti yang ditunjukkan oleh pengujian Thitung >Ttabel (2,030 >1,656) Ha diterima, dan Produk inti (X2) juga memiliki hubungan dengan Minat beli (Y) secara parsial, seperti yang ditunjukkan oleh pengujian Thitung >Ttabel (9,633 > 1,288) Ha diterima. Secara bersamaan, kedua Strategi harga (X1) dan Produk inti (X2) memiliki hubungan Koefisien determinasi adalah 0,549, atau 54,9.%, sedangkan sisa 45,1.% dipengaruhi oleh variabel tambahan. Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, terutama mahasiswa Prodi Manajemen, sangat tertarik dengan ponsel Realme karena harganya yang murah dan fiturnya yang kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abaharis, H., & Yusra, S. S. (2022). Pengaruh Product, Price, Place, Promotion Dan Selebgram Terhadap Keputusan Berbelanja Online Produk Fashion Di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Padang). Jurnal Economina, 1(4), 751-767.

Fasha, Anisha Ferdiana, Muhammad Rezqi Robi, and Shindy Windasari. "Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3.1 (2022): 30-42.

Feedough. 2023. Produk Inti di akses dari: https://www.feedough.com/core- product/

Fujawati, Eli, Tia Aprilia Susnita, and Neneng Ratnasari. "Strategi Harga dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 70-79.

Hardena, Medyafa Arliani, and Reminta Lumban Batu. "Keputusan Pembelian Produk Erigo Ditinjau dengan Variabel Brand Ambassador dan Harga (Survei Pada Konsumen yang Mengikuti Akun Shopee Erigo)." Journal of Economic, Management, Accounting and Technology 7.1 (2024): 9-20.

Hermawan, Dedi Joko. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online." Jurnal Ilmiah Ecobuss 9.2 (2021): 100-110.

Nonny, puspita sari. Pengaruh Minat Beli Konsumen Terhadap Pemilihan Merek Handphone. Diss. Uin raden intan lampung, 2022.

Novel, Abna Haniif, and Kepi Kusumayanti. "Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Ms Glow." Jurnal al-amal 2.1 (2024): 43-49.

Sahlatul, Muna. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Pada Pt Telekomunikasi Indonesiatbk Kotalhokseumawe. Diss. Universitas Malikussaleh, 2024.

Shabrina, sekar ayu, & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Administrasi Bisnis, IX(Iv), 475– 482.

Sinambela. 2020. Metode penelitian Kuantitatif. PT. Raja Graha Grafindo Persada

Sopian, P. 2019. Pengaruh Strategi Harga Dan Visual Merchandising Terhadap Kepusun Pembelian Online. Jurnal ispirasi bisnis dan manajemen.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukma, A., Hermina, N., & Novan, D. (2020). Pengaruh Produk, Distribusi Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk Umkm Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19. Manners, 3(2), 91-102.

Sumber: Realme Indonesia https://www.goodnewsfromindones ia.id/2020/10/10/ambisi-realme- masuk-top-3-penjualan-ponsel-di- indonesia

Ginting, M., & Sembiring, H. (2018, January). The effect of product innovation, product quality and city image on purchase decision of Uis Karo Woven Fabric. In 1st Economics and Business International Conference 2017 (EBIC 2017) (pp. 593-598). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ebic-17/25891545

Tarmizi, E. S. R., & Ab, Y. Maretta Ginting. (2018). Strategy To Improve Marketing Performance By Market Orientation, Technology Orientation, Entrepreneurship Orientation, And Innovation Of Horticultural Products In Karo Regency, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) 9 (13): 774–791. http://www.iaeme.com/ijciet/issues.asp?JType=IJCIET&VType=9&IType=13

Ginting, M., Tarmizi, H. B., Rini, E. S., & Absah, Y. (2021). Linking Social Capital, Business Environment, Product Innovation, and Sustainable Competitive Advantage: Empirical Evidence from Farmers in Karo Regency, North Sumatra, Indonesia. Economics and Business in Industrial Revolution 4.0, pages 137-150. https://www.scitepress.org/Papers/2019/92003/92003.pdf

Siagian, E., Idahwati, I., & Ginting, M. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Silangit Residence Pada PT. Alga Sempurna Mandiri. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 8-21. https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2895

Kurniati, L., Faris, S., Pakpahan, E., & Purba, K. (2022). The Effect of Service Quality, Company Image and Prices on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction on Consumers Using Line Transportation Applications in Students of The Faculty of Psychology. International Journal of Applied Finance and Business Studies, 10(1), 40-46. https://ijafibs.pelnus.ac.id/index.php/ijafibs/article/view/51

Pasaribu, L. N., & Purba, K. (2020). The influence of trust on the online purchase decisions with buying interest on the social networking site Instagram: case study of online shop users on Instagram. Research, Society and Development, 9(10), e8669109119-e8669109119. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/9119

Pasaribu, E. S., Azhar, Z., & Kifti, W. M. (2014). Pemasaran Jamu Tradisional Menggunakan E-Commerce (Studi Kasus Pada Toko Air Mancur Kisaran). JURTEKSI ROYAL Vol 3 No 1, 1. https://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1290

de Pinto Simanjuntak, O. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Eqien, 9(2), 395717. https://www.neliti.com/publications/395717

Pandiangan, S. M. T., Resmawa, I. N., Simanjuntak, O. D. P., Sitompul, P. N., & Jefri, R. (2021). Effect of e-satisfaction on repurchase intention in Shopee user students. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7785-7791. https://eprints.unm.ac.id/30216/

Downloads

Published

2025-08-19