PENGARUH PROGRAM VOUCHER DISKON HARGA DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OBAT-OBATAN DI SHOPEE CAHAYA LESTARI (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MANDALA 1 MEDAN DENAI)

Authors

  • Muhammad Saleh Sitompul Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah
  • Melisa Zuriani Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah
  • Wan Dian Safina Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah
  • Toni Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v10i1.6153

Keywords:

Program Vocher Diskon Harga, Gratis Ongkir, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses evaluatif yang dilakukan konsumen untuk menentukan apakah akan melakukan pembelian suatu produk. Salah satu strategi promosi yang digunakan penjual untuk memengaruhi keputusan tersebut adalah pemberian voucher diskon harga, yakni potongan harga yang diberikan sebagai bentuk insentif atas tindakan tertentu dari konsumen. Di samping itu, ongkos kirim adalah biaya layanan pengiriman yang dibebankan kepada pembeli dalam transaksi daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh voucher potongan harga dan bebas baiaya kirim produk obat-obatan di toko Cahaya Lestari melalui platform Shopee, dengan lokasi penelitian di Kelurahan Mandala 1, Medan Denai. Populasi berjumlah 219 orang, dengan 69 responden ditetapkan memakai  rumus Slovin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan analisis dilakukan dengan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data memperlihatkan pada program voucher diskon harga secara parsial memiliki dampak signifikan pada penetapan pembelian konsumen, terlihat pada nilai thitung (3,520) > ttabel (1,996) memiliki nilai signifikansi sebanyak 0,001< 0,05. Gratis ongkir berdampak pada penetapan pembeli, terlihat pada nilai thitung  (7,463) > ttabel (1,996) memiliki  nilai signifikansi sebanyak 0,000< 0,05. Keputusan pembelian masyarakat di Kelurahan Mandala 1, Medan Denai, dipengaruhi secara simultan oleh implementasi program voucher diskon harga dan pemberian layanan gratis ongkir, terlihat pada nilai Fhitung (61,261) > Ftabel (3,14) dengan tingkat signifikasi 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Lestari and M. Z. Hasibuan, “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subsidi Mulia Garden (Studi Kasus Perumahan Subsidi Mulia Garden Desa Naga Rejo),” J. Mutiara Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 46–56, 2021, doi: 10.51544/jmm.v6i1.2119.

A. Rahman, M. H. Fikri, A. Hadian, and Y. Yuliana, “Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart W418 Desa Bandar Setia,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 3, p. 1721, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i3.2775.

A. Resta, K. A. Akhmad, and R. Gunaningrat, “Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 6, no. 1, pp. 759–771, 2023, doi: 10.47467/alkharaj.v6i1.4878.

Asiyah, „Pengaruh Penilaian Produk Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Kabupaten Ponorogo‟ (INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI, PONOROGO, 2021) https://etheses.iainponorogo

.ac.id/13348/.

C. N. Ariyanti, M. Munawaroh, M. Z. Hasibuan, T. Hidayat, and M. Radiansyah, “Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di UD Harapan Tani Di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang,” J. Mutiara Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 13–21, 2023, doi: 10.51544/jmm.v8i2.4676.

D. Marlan, M. Si, D. Dailami, M. I. Kom, D. B. Sihombing, and D. Meilani, “Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah,” no. 1, 2015.

Febria, Mira Fujita, Setiawan, Fadjar, Sulaeman, Eman, „Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia)‟, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 no. 6 (2022).

Hikmawati, Fenti, Metodologi Penelitian (Rajawali Pers, 2020).

Istiqomah, Mira and Marlena, Novi, „Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion‟, Jurnal Manajemen, 12.2 (2020), pp. 288–98.

K. S. I. M. Card, “PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA Dalam situasi pasar yang semakin kompetitif , preferensi dan loyalitas pelanggan menjadi kunci keberhasilan perusahaan . Masyarakat sekarang berada di dalam era teknologi infor,” pp. 306–312, 2018.

Meithiana, Indrasari, Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Unitomo Press, 2019)

Putri, A.R.A., Akhmad, K.A., Gunaningrat, R., (2024) Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food. Jurnal Ekonomii Keuangan & Bisnis Syariah,Vol 6 No 1. 759-771

R. H. Nasution and W. D. Safina, “Pengaruh Store Atmosphere, Product Quality Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bel Medan Johor,” J. Bisnis, Manajemen, dan Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 165–177, 2022, doi: 10.54131/jbma.v9i2.145.

R. Irawati and S. H. N, “Pengaruh Harga, Voucher Diskon, dan Gratis Ongkir di Aplikasi Shopee Food terhadap Keputusan Pembelian Mixue Kota Malang,” J.

Econ. Bus. Eng. (JEBE, vol. 5, no. 2, pp. 354–359, 2024.

R. K. Yelta and E. A. Yamini, “Pengaruh Program Gratis Ongkir dan Subsidi Voucher Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tik Tok Shop,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 929–944, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.lapad.id/index.php/jurbisman/article/view/281

Ramawati, I., Sa‟adah, L., Amalia, N., (2020) Faktor Diskon, Bonus Pack, Dan In Store Display Serta Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif.Jombang:LPPM

Razali, Geofakta, Andamisari, Dessy, and Saputra, Jun „Pengaruh Promosi DiskonDan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen‟,Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin ndonesia, 2.3 (2022), pp. 482– 91,doi:10.53866/jimi.v2i3.132.

Riadi, M. (2021, 3 Februari). Diskon (Pengertian, Tujuan, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajianpustaka [on-line]. Diakses padatanggal 7 Mei 204 dari https:// www. kajianpustaka.com /2021/02/diskon.html

S. Pokhrel," Pengaruh Program Gratis Ongkir dan Subsidi Voucher Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-commerce Tik Tok Shop

Sahir, Syafrida Hafni, Metodologi Penelitian (KBM Indonesia, 2021).

Sitorus, Onny Fitriana dan Utami, Novelia, Strategi Promosi Pemasaran(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MuhammadiyahProf. Dr. HAMKA, 2017).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-26.

Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Researchand Development Bandung: CV. Alfabeta

Syofian Siregar, Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif (Bumi Aksara,2020). Widodo, S.S., M.Kes, Slamet; Ladyani, M.Kes, dr.Festy; La Ode Asrianto,

SKM.,M.Kes; Ns.Rusdi., S.Kep., M.Kep ; Khairunnisa, SKM., M.M., M.kes; dr.Sri Maria Puji Lestari, M.Pd.Ked. ; Ade Devrianya, SKM, M.Kes; DianRachma Wijayanti ; Abas Hidayat, and M.Kep M.Pd ; dr. Dalfian, M.Kes.,Sp KKLP; Sri Nurcahyati, SKM., M.Epid,; Dr.Tessa Sjahriani, dr., M.Kes.;Ns. Armi, S.Kep., M.Kep ; Nurul Widya, S.Si., M.Si;Ns. Rogayah, SKep,Buku Ajar Metode Penelitian (CV Science Techno Direct Perum Korpri,

Y. Yuliana, M. H. Fikri, W. D. Safina, F. Ekonomi, U. Muslim, and N. Al, “PENGARUH INFLUENCER MARKETING , CUSTOMER REVIEW DAN TAGLINE " GRATIS ONGKIR " TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE ( STUDI KASUS PADA MASYARAKAT

DUSUN I TANJUNG MORAWA B ) Sekarang ini teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat cepa,” vol. 9, 2024

Zahriyah, Aminatus, M Si Suprianik, M Si, Agung Parmono, and M Si Mustofa,Ekonometrika Tekhnik Dan Aplikasi Dengan SPSS (Mandala Press, 2021).

Downloads

Published

2025-07-26