OPTIMALISASI BRANDING KOTA PAREPARE SEBAGAI DESTINASI WISATA MARITIM

Authors

  • Nurfadhilah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Bakhtiar Tijjang Fakultas Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Sulaik Abdul Hamid Fakultas Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Etar T Fakultas Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Nur Widia Purwanda Fakultas Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i2.5669

Keywords:

Identitas Kota Parepare, Promosi dan Pemasaran, Infrastruktur dan Fasilitas Wisata, Persepsi Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan branding Kota Parepare sebagai destinasi wisata maritim yang menarik bagi wisatawan domestik dan internasional. Kota Parepare, yang terletak di pesisir Sulawesi Selatan, memiliki potensi wisata maritim yang kaya, termasuk keindahan pantai, budaya bahari, serta kegiatan wisata terkait laut lainnya. Namun, meskipun memiliki sumber daya alam dan budaya yang melimpah, branding kota ini belum sepenuhnya dimaksimalkan untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, serta observasi lapangan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas branding Parepare sebagai destinasi wisata maritim. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi branding yang lebih optimal, mencakup penguatan identitas kota, pengembangan infrastruktur pendukung wisata, serta promosi yang lebih efektif baik secara online maupun offline. Diharapkan, optimalisasi branding Parepare dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, memperkuat citra kota, dan mendorong perkembangan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiah, Efi Tajuroh, Munawaroh Munawaroh, Meiby Zulfikar, and Suhandi Suhandi. 2024. “Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Lokal Branding Menuju Wisata Berkelanjutan Desa Pulo Panjang Serang.” Indonesian Research Journal on Education 4(4): 2304–7.

Alfianistiawati, Rohmatin, Pramana Herjati Putra Dionchi, Sigit Purnomo, and Megasari Noer Fatanti. 2023. “Destination Branding of Marine Ecotourism in Trenggalek Regency: A Study on Kili-Kili Beach Turtle Conservation.” Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 2(1): 12–22.

Dewi, Anne Sandra, and Rida Bareta. 2023. “BRANDING DIGITAL MARKETING.” Paradigma Mandiri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 1–11.

Dian Kagungan, Dian, and Feni Rosalia. 2020. “Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Berbasis Media Branding Strategy (Membangun Kerjasama Kelembagan Dan PeransertaMasyarakat Untuk Mewujudkan Desa Sungai Langka Sebagai Desa Wisata).” Sumbangsih: Jurnal Pengabdian kepada Msyarakat Universitas Lampung 1(21): 141–48.

Fanaqi, Chotijah, Resty Mustika Pratiwi, and Firmansyah Firmansyah. 2020. “Strategi Branding Pelaku Usaha Pariwisata Di Masa Pandemi.” Business Innovation and Entrepreneurship Journal 2(4): 378765.

Firmansyah, Yerry Kahaditu, Megahnanda Alidyan Kresnawati, Ade Kusuma, and Prayudi Prayudi. 2022. “Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur).” Jurnal Desain 9(2): 174–87.

Hasrina, Hasrina. 2023. “Optimalisasi Pengelolaan Pantai Lowita Sebagai Destinasi Wisata Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.”

Ilahi, Andi Alfianto Anugrah. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Demosi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Wira Eka Persadatama.” Amsir Management Journal 2(1): 20–34.

Marlius, Doni, and Kiki Puja Kasuma Darma. 2023. “Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.” Jurnal Economina 2(1): 15–27.

Mustari, Nuryanti, Nursaleh Hartaman, Vinka Audrina Sahrir, and Nurul Rahmi Aulia. 2021. “Branding Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Majene.” JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6(2): 282–93.

Nurfadhilah, M M. 2022. Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Purnomo, Sigit, and Megasari Noer Fatanti. “Destination Branding of Marine Ecotourism in Trenggalek Regency: A Study on Kili-Kili Beach Turtle Conservation.”

Rinaldo, Edo, and Desideria Lumongga Dwihadiah. 2024. “Identifikasi Strategi Destination Branding Kepulauan Seribu Berbasiskan Wisata Bahari: Identifikasi Strategi Destination Branding Kepulauan Seribu Berbasiskan Wisata Bahari.” Kaganga Komunika: Journal of Communication Science 6(1): 60–76.

Sugiyono, Sugiyono. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D.” Bandung: Cv. Alfabeta.

Tijjang, Bakhtiar. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Suku Cadang Pada Pt. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare.” Prosiding Sinergitek Universitas Labuhanbatu 1(1).

Downloads

Published

2025-02-26