PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADACV SEAGULL RENT CAR MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v9i2.5599Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV Seagull Rent Car Medan secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang datang menggunakan jasa rental Pada CV Seagull Rent Car Medan dan sampel penelitian ini sebanyak 61 responden. Hasil penelitian setelah dianalisa menunjukkan bahwa secara uji parsial variabel kualitas pelayanan dan harga memberikan pengaruh siginifikan atau positif terhadap loyalitas pelanggan pada CV Seagull Rent Car. Hal ini dibuktikan bahwa H1 memiliki nilai t hitung 4,430 > 1,671 t tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan H2 dibuktikan dengan nilai t hitung 6,057 > 1,671 t tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan HO ditolak. Hasil penelitian setelah dianalisa menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Harga memberikan pengaruh signifikan atau positif terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV Seagull Rent Car Medan. Hal ini dibuktikan bahwa dengan nilai f hitung 50,672 > 2,40 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H1, H2 diterima dan H0 ditolak. Variasi variabel Loyalitas Pelanggan ditentukan oleh kedua variabel Independen, yaitu Kualitas Pelayanan dan Harga sebesar 63,6%, sedangkan sisanya sebesar 36,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. Lewis Dan Booms Dalam Tjiptono & Chandra (2013), 12(1), 32–39. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Alpasha, M. F. (2022). KAJIAN PUSTAKA , KERANGKA PEMIKIRAN Kajian Pustaka. Kotler Dan Keller 2018, 19–61.
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. ”Menurut Mahmoedin (2010)”dalam Desikasari (2018), 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Kotler Dan Amstrong (2012), 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Elisabet Tambunan1, M. S. (2022). Jurnal Teknologi , Kesehatan Dan Ilmu Sosial. Elisabet Tambunan1*, Marupa Siregar1, 4(2), 328–338.
Lani Purba, M., & Simarmata, G. (2018). JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) The Influence of Service Quality and Culture on Attraction and Interest in Revisiting Percut Tourism. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 2443–3071. http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman
Purba, R. R., & Alfian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bumi Malaya Medan. Philips Kotler(2014), 4(2), 406–413.
Rahayu, S., & Nurlaela Wati, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Kotler Dan Keller (2012), 8(2), 1–20. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis
Ramanta, T. H., Massie, J. D. D., & Soepeno, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Produk Mebel di CV. Karunia Meubel Tuminting. (Kotler Dan Keller, 2016: 153), 9(1), 1018–1027. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32670
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. RINI SUGIARSIH DUKI SAPUTRI, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Tambunan, E. (2022). Pengaruh Media Sosial Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Uma Racing Di CV. Sempurna Jaya Motor. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 124–1388.
Tambunan, F., Purba, M. L. B., & ... (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Bus CV. Makmur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fransisca Tiurma Damanik, Parlindungan Purba, Dastin Bastian Ambarita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.