Determinan Minat Pembelian Bening’s Skincare Melalui Aplikasi Tiktok

Authors

  • Usnan Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Daraswaja
  • Muhammad Romi Program Studi Perbankan Syariah, STAI Hubbulwathan Duri
  • Sari Program Studi Perbankan Syariah, STAI Hubbulwathan Duri

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5348

Keywords:

minat pembelian, Tiktok, influencer, islamic branding, brand image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan minat pembelian produk Bening’s Skincare melalui aplikasi TikTok, dengan focus pada pengaruh influencer, Islamic branding dan brand image. Metode peneltiian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan sebanyak 200 responden kepada konsumen aktif menggunakan TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel independent memiliki pengaruh positif terhadap minat pembelian. Influencer berperan penting dalam membangun kepercayaan dan minat beli, sementara Islamic branding dan brand image yang kuat dapat meningkatkan persepsi positif konsumen terhadap produk. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif, khususnya dalam konteks ekonomi syariah. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan membantu perusahaan dalam meningkatkan daya tarik produk halal di pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nurul., et al. (2022). Pengaruh Islamic Branding dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administasi dan Pelayanan Publik, IX (1). Universitas Bina Taruna Gorontalo.

Alserhan, B. A. (2020). The Principles of Islamic Marketing. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003050211

Annisa, Dinda dan Suyanto, A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Konsumen dan Followers Tuskbag Official. Proceedings of Management, 6 (1).

Anshori, F. I., et al. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk J.Co Donuts & Coffe Di Resinda Park Mall Karawang Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5 (2), 2024-2045.

Arifin, Endro dan Fachrodji, A. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5 (1).

Bryman, A., & Bell, E. (2015). Business Research Methods (4th ed.). Oxford University Press.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Darwis, E. G. (2017). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyoya Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.

Firdaus, A., & Akbar, S. (2023). Factors Influencing Purchase Intention in E-commerce: The Role of Influencers and Brand Image. Jurnal Ekonomi dan Pemasaran Digital, 8(3), 67-80.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2018). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publications.

Harita, Ernawati (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di UD. Rendah Hatai Kecamatan Teluk Dalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan. Vol. 5, no. 2. Universitas Nias Raya.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15 (1), 133-146.

Indonesia.go.id (2024). Kinclong industry kosmetik tanah air. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7984/kinclong-industri-kosmetik-tanah-air?lang=1. Diakses Jumat, 23 februari 2024.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson Education.

Kusuma, et al. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare Pada Generasi Millennial di Kabupaten Kudus. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8 (2), 289-302.

Kotler, P & Kleer, Kevin Lane. (2012). Marketing management, Ed. 14 (14th Edition). Harlow, United kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lim, X. J., Radzol, A. R., Cheah, J. H., & Wong, M. W. (2020). The Impact of Social Media Influencers on Purchase Intention and the Mediation Effect of Customer Attitude. Journal of Marketing Communications, 26(3), 1-23.

Mardalis, Ahmad dan Utami, Sari. (2018). Kepedulian Mahasiswa Terhadap Kehalalan (Islamic Branding) Produk Kosmetik Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli. University Research Colloquium (Urecol).

Nadia, Nor Sara, et al. (2014). Muslim’s Purchase Intention Towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Sciencedirect, Procedi-Social and Behavioral Sciences. 130.

Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Prihartini, E., et al. (2022). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorse Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Toko Elzatta Majalengka. CO-Management, 4 (3).

Rohman, M., & Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran Indonesia, 20(1), 45-56.

Sanjaya dan Ayuni. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Social Influence Terhadap Minat Beli Pada Usaha Rumah Hok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9 (2).

Santoso, A., & Dewi, F. (2022). The Influence of Brand Image on Purchase Intention: A Study in the Digital Era. Jurnal Bisnis dan Manajemen Digital, 10(1), 112-120.

Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2021). The Effect of Social Media Communication on Consumer Perceptions of Brands. Journal of Marketing Communications, 27(1), 48-68. https://doi.org/10.1080/13527266.2019.1630665.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). John Wiley & Sons.

Sokolova, K., & Kefi, H. (2020). Instagram and YouTube Influencers: A Literature Review. Journal of Business Research, 103, 511-524. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.05.011

Syukri, A., & Hidayat, A. (2023). Islamic Branding and Its Impact on Consumer Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Islam, 15(2), 79-92.

Taherdoost, H. (2017). Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose a Sampling Technique for Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5(2), 18-2.

Usnan., Makruflis, M., Erfina. (2024). Influencer Review Terhadap Minat Beli di Platform Tiktok: Moderasi Brand Image Produk MS Glow. Jurnal Economica, XII (1), 30-36.

Vahdat, A. et al. (2020). Acceptance Model, Social Factors and Purchase Intention. Australasian Marketing Journal (AMJ), 1-10. doi://10.1016/j.ausmj.2020.01.002.

Wardah, F., Albari. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan JavaMifi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2 (3), 188-205.

Downloads

Published

2024-06-30