Pengaruh Digital Marketing Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.5286Keywords:
Digital Marketing, Harga, Minat Beli KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen, (2) pengaruh harga terhadap minat beli konsumen, dan (3) pengaruh digital marketing serta harga secara bersamaan terhadap minat beli konsumen di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sebesar 7.500 konsumen pada bulan Mei 2022 di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Sampel terdiri dari 99 responden yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan melalui Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS Version 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan (3) digital marketing serta harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
Downloads
References
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Andrian. 2019. Digital Marketing Dan Ragam Produk Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 1. Hal. 14
Aryani, Menik. 2021. Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary. Vol. No. 1. Hal. 22-31
Buchari, Alma H. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Durianto, D.C. dan Liana. 2004. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener dan Fresh Di Jakarta Dan Sekitarnya Dengan Menggunakan Customer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Vol. 1 No. 2
Durianto. D.C., dan Sitinjak, Sugiarto. 2004. Strategi Menaklukan Pasar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Faradiba dan Astuti, Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol. 2 No. 3. Hal. 1-11
Goel, D. dan Jain, A.K. 2017. Mobile Phishing Attacks and Defence Mechanisms: State of Art and Open Research Challenges. Computers and Security, Vol. 7 No. 3. Hal. 519-544
Ikhsan,Arfan,dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung : Citapustaka Media
Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan campuran Untuk Manajemen Pembangunan & Pendidikan. Bandung : Refika Aditama
Kotler, P dan Amstrong, G. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing Ed. 7. Jakarta : Salemba Empat
Maryanto, Rusmanto. 2017. Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Jakarta: Rusmanto Self-publishing
Randa, Yoga Gusti. 2021. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko PStore Medan. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara
Satyo, F. 2009. Intellectual Capital. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Septiani, Fauziah. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). Jurnal Mandiri. Vol. 1 No. 2. Hal. 274
Sugiyono. 2017. Metod ePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset
Sunyoto, Danang. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, Dan Kasus). Jakarta : CAPS
Suyono, A.G. dan Pramono, Sri Sukmawati. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta : Intidayu Press
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).
Yogyakarta : Andi Offset
Usman. Hardinus. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate Untuk Riset Pemasaran. Jakarta : Rajawali
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elisabet Tambuna, Yarmina Laia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.