Pengaruh Digital Marketing Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan

Authors

  • Elisabet Tambuna Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Yarmina Laia Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.5286

Keywords:

Digital Marketing, Harga, Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen, (2) pengaruh harga terhadap minat beli konsumen, dan (3) pengaruh digital marketing serta harga secara bersamaan terhadap minat beli konsumen di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sebesar 7.500 konsumen pada bulan Mei 2022 di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Sampel terdiri dari 99 responden yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan melalui Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS Version 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan (3) digital marketing serta harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Andrian. 2019. Digital Marketing Dan Ragam Produk Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 1. Hal. 14

Aryani, Menik. 2021. Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary. Vol. No. 1. Hal. 22-31

Buchari, Alma H. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Durianto, D.C. dan Liana. 2004. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener dan Fresh Di Jakarta Dan Sekitarnya Dengan Menggunakan Customer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Vol. 1 No. 2

Durianto. D.C., dan Sitinjak, Sugiarto. 2004. Strategi Menaklukan Pasar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Faradiba dan Astuti, Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol. 2 No. 3. Hal. 1-11

Goel, D. dan Jain, A.K. 2017. Mobile Phishing Attacks and Defence Mechanisms: State of Art and Open Research Challenges. Computers and Security, Vol. 7 No. 3. Hal. 519-544

Ikhsan,Arfan,dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung : Citapustaka Media

Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan campuran Untuk Manajemen Pembangunan & Pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Kotler, P dan Amstrong, G. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing Ed. 7. Jakarta : Salemba Empat

Maryanto, Rusmanto. 2017. Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Jakarta: Rusmanto Self-publishing

Randa, Yoga Gusti. 2021. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko PStore Medan. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara

Satyo, F. 2009. Intellectual Capital. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Septiani, Fauziah. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). Jurnal Mandiri. Vol. 1 No. 2. Hal. 274

Sugiyono. 2017. Metod ePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset

Sunyoto, Danang. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, Dan Kasus). Jakarta : CAPS

Suyono, A.G. dan Pramono, Sri Sukmawati. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta : Intidayu Press

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).

Yogyakarta : Andi Offset

Usman. Hardinus. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate Untuk Riset Pemasaran. Jakarta : Rajawali

Downloads

Published

2023-12-19