Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Cafe Violet di Kota Ternate)

Authors

  • Wiwin Suryani Universitas Khairun
  • Laela Universitas Khairun
  • Ririn Damayanti Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.4754

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Melalui metode analisis regresi pada data survei dari responden dan bantuan alat analisis software SPSS 29. Penelitian ini menunjukkan temuan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menyoroti peran penting pelayanan dalam menciptakan kepuasan pelanggan; Variabel Harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menunjukkan bahwa aspek harga memainkan peran penting dalam persepsi konsumen terhadap kepuasan. Pentingnya faktor-faktor ini diperkuat oleh temuan bahwa Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga bersama-sama memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis dalam mengelola dan meningkatkan kepuasan konsumen. Menyadari bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga memiliki dampak yang lebih signifikan daripada Kualitas Produk, perusahaan dapat memfokuskan upaya mereka untuk meningkatkan aspek-aspek ini guna memperkuat hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://jrmb.ejournal- feuniat.net/index.php/JRMB/article/download/240/148

Bayu, I. M., Putra, P., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere , Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744–756. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1341

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Raja Grafindo Persada

Khori, A., Rohman, F., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya. 9 (2),1251–1257. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40557

Kolter, P. and K. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Kotler, P. and A. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Kotler Philip, & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mahira et al. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267– 1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1233

Parasuraman et al. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430

Putra & Wimba. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata,1(2),744–756. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1341

Rohman & Marlena. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1251– 1257.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40557

Sunyoto, D. (2019). Manajemen Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. CAPS

Tjiptono, f. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Wijaya. (2017). Manajemen Kualitas Jasa. PT. Indeks

Downloads

Published

2024-06-10