Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Cafe Violet di Kota Ternate)
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.4754Keywords:
Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, HargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Melalui metode analisis regresi pada data survei dari responden dan bantuan alat analisis software SPSS 29. Penelitian ini menunjukkan temuan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menyoroti peran penting pelayanan dalam menciptakan kepuasan pelanggan; Variabel Harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menunjukkan bahwa aspek harga memainkan peran penting dalam persepsi konsumen terhadap kepuasan. Pentingnya faktor-faktor ini diperkuat oleh temuan bahwa Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga bersama-sama memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis dalam mengelola dan meningkatkan kepuasan konsumen. Menyadari bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga memiliki dampak yang lebih signifikan daripada Kualitas Produk, perusahaan dapat memfokuskan upaya mereka untuk meningkatkan aspek-aspek ini guna memperkuat hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
Downloads
References
Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://jrmb.ejournal- feuniat.net/index.php/JRMB/article/download/240/148
Bayu, I. M., Putra, P., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere , Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744–756. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1341
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Raja Grafindo Persada
Khori, A., Rohman, F., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya. 9 (2),1251–1257. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40557
Kolter, P. and K. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Kotler, P. and A. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta
Kotler Philip, & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mahira et al. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267– 1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1233
Parasuraman et al. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430
Putra & Wimba. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata,1(2),744–756. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1341
Rohman & Marlena. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1251– 1257.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40557
Sunyoto, D. (2019). Manajemen Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. CAPS
Tjiptono, f. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Wijaya. (2017). Manajemen Kualitas Jasa. PT. Indeks
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwin Suryani, Laela, Ririn Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.