PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN CAKRAM TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENILAIAN STATUS GIZI OLEH KADER
Main Article Content
Abstract
Kegiatan kader dalam melakukan penilaian status gizi di posyandu dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh pengetahuan dan keterampilan kader yang belum memadai. Penilaian status gizi dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran berat badan dan panjang/tinggi badan dengan Standar Antropometri Anak. Standar antropometri anak dituangkan dalam bentuk tabel yang di bedakan berdasarkan indeks antropometri. Dalam perkembangannya penilaian status gizi dapat dibantu dengan media lingkar putar yang di sebut cakram. tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberian edukasi dengan menggunakan media cakram terhadap penilaian status gizi pada kader posyandu. desain penelitian yang digunakan quasi eksperimen dan dengan rancangan pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kader posyandu di wilayah kerja puskesmas sumberjaya, sampel yang digunakan sebanyak 20 responden dengan kriteria khusus. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan signifikan skor pengetahuan dan keterampilan sebelum dan setelah dilakukan intervensi. Edukasi penilaian status gizi menggunakan cakram berpengaruh signifikan pada nilai pengetahuan dan keterampilan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.