PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SENTAPLAS MEDAN
Keywords:
Harga Kualitas Produk dan Kepuasan PelangganAbstract
Persaingan yang semakin ketat dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan perlu meningkatkan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan harga yang relatif murah dan memberikan produk yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Sentaplas Medan. Hipotesis Penelitian ini yaitu Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Sentaplas Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan teknik dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di PT. Sentaplas Medan yang membeli produk sebanyak 184 orang. Adapun pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin, jadi jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 65 orang. Hasil penelitian persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah Y = 1,503 + 0,568 X1 + 0,510X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dan Kualitas produk (X2) bernilai positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hal ini menunjukan harga dan kualitas produk dapat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Secara parsial menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara simultan menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada PT. Sentaplas Medan dan nilai koefisien determinasi sebesar 66,8% dan sisanya sebesar 33,2% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti. Diharapkan PT. Sentaplas Medan harus lebih meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengupayakan harga yang ditawarkan harus sesuai dengan permintaan pasar dan kualitas dari produk tersebut dan selalu memberikan produk terbaik kepada pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggan.
Kata kunci : Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan