PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN UMKM DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN

Authors

  • Keysha Putri Nabila Nabila Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Sumatera Barat
  • Rozali Ilham Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Ardieansyah Ardieansyah Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.51544/jma.v10i1.5876

Keywords:

Pengelolaan, Aset, SIMBADA

Abstract

Latar belakang : Website sebagai sarana digital telah menjadi media utama untuk memberikan informasi layanan publik kepada masyarakat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kecamatan sebagai unit pemerintahan di tingkat lokal perlu memaksimalkan potensi website dalam memberikan pelayanan yang transparan dan efisien kepada masyarakat.

Tujuan : Untuk menganalisis bagaimana website Kecamatan Johan Pahlawan telah digunakan dalam meningkatkan informasi layanan kepada masyarakat, serta mengidentifikasi tantangan dan kendala yang dihadapi dalam implementasinya.

Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah metode kualitatif.

Hasil dan Pembahasan : Sistem layanan pengaduan berbasis website yang dikembangkan sudah sesuai dengan prinsip keterbukaan informasi publik yang tercantum dalam UU KIP. Website dan sistem pengaduan yang dikembangkan telah mematuhi aturan yang ada dalam UU ITE. Proses pengelolaan pengaduan di website secara keseluruhan menunjukkan kualitas layanan yang baik dalam hal responsivitas dan kemudahan akses. Layanan pengaduan yang dikembangkan sudah sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri PANRB. Pengelolaan data pengaduan sudah memperhatikan perlindungan data pribadi, meskipun perlu ada peningkatan dalam hal kebijakan privasi yang lebih jelas untuk mengedukasi pengguna mengenai hak mereka terkait data pribadi yang dikumpulkan.

Kesimpulan : Website layanan pengaduan yang dikembangkan selama magang telah memenuhi sebagian besar pedoman dan standar yang berlaku, namun masih terdapat beberapa area yang perlu perbaikan dan pengoptimalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Cahyana, “Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( E-government ): Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Sumedang 1,” Researchgate, no. August, 2021.

A. Doramia Lumbanraja, “Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi,” Administrative Law and Governance Journal, vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.14710/alj.v3i2.220-231.

A. S. Budiman, “Analisa Terhadap Website Pemerintah Daerah dan Pengaruhnya dalam Penerapan E-Government Bagi Masyarakat Rural di Indonesia,” Seminar Nasional Teknologi Amik BSI Jakarta, 2018.

C. Andita, F. Ardelia, D. R. Junaidi, M. F. Rahman, and M. Mawar, “PERBANDINGAN IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT ANTARA JEPANG DAN KOREA SELATAN,” Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.55542/saraqopat.v4i2.250.

I. Cahyati, A. S. Muhammad, and Edison, “Efektivitas Penerapan E-Government di Daerah Kepulauan (Studi Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Kcamatan Jemaja dan Jemaja Timur),” Student Online Journal, vol. 3, no. 1, 2022.

P. Brilian, “Analisis Kualitas Website Pemerintah Daerah Kabupaten ,” Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW, no. 3, 2017.

S. D. Ningsih, S. Wijayanti, S. M. Ningrum, D. W. Pribadi, L. K. Atmaja, and S. A. Susilawati, “PERSEPSI LITERASI DIGITAL PENYANDANG DIFABEL DESA MLESE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS KOMUNITAS, KABUPATEN KLATEN,” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.29040/budimas.v3i2.3545.

T. Kurniawan, “Urgensi Pengesahan Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi Dalam Digitalisasi Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Smart Government,” Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.15294/ipmhi.v2i2.55032.

U. Attamimi and R. G. Ahamad, “DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI WEBSITE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT KADIA KOTA KENDARI,” Journal Publicuho, vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.35817/jpu.v3i3.14011.

Y. D. Lestari, J. T. Nugraha, and N. M. Fauziah, “Pengembangan E-Government melalui Layanan Aspirasi Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang,” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, vol. 16, no. 2, 2019, doi: 10.31113/jia.v16i2.230.

Y. Fitriani and W. R. Jaya, “Strategi Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Sistem Informasi Administrasi Di Kelurahan Komering Agung,” Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, vol. 4, no. 1, 2023, doi: 10.46730/japs.v4i1.93.

Downloads

Published

2025-06-28

Most read articles by the same author(s)