ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Owen De Pinto Simanjuntak Dosen USM-Indonesia

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  pelayanan terhadap keputusan mahasiswa akan diuji secara parsial dan simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data kuantitatif serta pengujian statistik. Sifat penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang berjumlah 1.435 orang tahun 2011-2015. Sampel penelitian ini sebanyak 143 orang. Selanjutnya jumlah sampel dalam penelitian ini akan ditentukan dengan proportionate stratified random sampling berdasarkan departemen dan tahun akademik.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, promosi, proses dan orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, sedangkan variabel tempat dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia.

 Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Harga,  Promosi,  Lokasi,  Proses,  Orang,  Pelayanan, Keputusan Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2016-10-20

Most read articles by the same author(s)