RESEPSI MAHASISWA UIN SUNAN KUDUS TERHADAP KONTEN YOUTUBE DEDDY CORBUZIER DALAM PODCAST LOGIN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i2.6491Keywords:
resepsi audiens, podcast, Deddy Corbuzier, mahasiswa, literasi mediaAbstract
Podcast Login oleh Deddy Corbuzier merupakan medium digital yang menyajikan dialog terbuka mengenai isu keagamaan dengan gaya bahasa santai dan non-formal. Mahasiswa UIN Sunan Kudus, dengan basis pendidikan Islam yang kuat, menjadi audiens krusial untuk memahami efektivitas model dakwah digital ini. Penelitian ini mengeksplorasi resepsi mahasiswa UIN Sunan Kudus terhadap konten yang disajikan dalam Podcast Login yang dipandu oleh Habib Jafar. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian menelaah bagaimana mahasiswa memahami, menginterpretasi, dan merespons tema-tema yang diangkat dalam podcast termasuk isu sosial, psikologis, dan budaya populer serta implikasinya terhadap sikap, opini, dan praktik media mereka. Penelitian kualitatif menggunakan metode analisis resepsi (Stuart Hall). Sampel terdiri dari 15 mahasiswa aktif UIN Sunan Kudus yang diwawancarai secara mendalam. Hasil decoding dikelompokkan menjadi tiga posisi resepsi. Hasil menunjukkan adanya variasi resepsi: sebagian besar informan menempati posisi dominant/preferred reading terhadap gaya bahasa yang digunakan dalam podcast—mereka cenderung setuju karena menilai gaya tutur host bersifat santai, komunikatif, dan tidak memihak sehingga mudah dicerna dan memfasilitasi ruang diskusi. Respon yang setuju ini memperkuat kecenderungan mahasiswa untuk mengadopsi pendapat atau framing tertentu pada isu-isu populer, meskipun pada isu sensitif beberapa informan menunjukkan pembacaan negotiated atau oppositional yang merefleksikan nilai agama dan norma kampus. Faktor penentu resepsi meliputi latar belakang agama, tingkat literasi media, pengalaman pribadi, dan dinamika komunitas kampus. Pembahasan mengaitkan temuan dengan teori encoding/decoding Hall dan konsep konvergensi budaya. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendidikan literasi media di perguruan tinggi untuk memperkuat kemampuan analitis mahasiswa terhadap konten digital populer. Resepsi mahasiswa UIN Sunan Kudus bersifat positif dan cenderung setuju dengan format komunikasi yang terbuka, santai, dan non-memihak, membuktikan bahwa gaya komunikasi digital yang adaptif efektif diterima oleh audiens akademik dengan latar belakang keagamaan.
Downloads
References
Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376
Ayuningtyas, S. (2025). Resepsi Khalayak Terhadap Dialog Antaragama Dalam Podcast Log In. Al-Qaul: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1). https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/alqaul/article/view/2433
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67. https://media.neliti.com/media/publications/108039-ID-literasi-media-pada-mahasiswa-prodi-ilmu.pdf
Hall, S. (1973). Encoding and Decoding in the Television Discourse. Centre for Contemporary Cultural Studies, University of Birmingham.
Hidayat, M. (2025). Analisis Resepsi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel pada Citra Perempuan dalam Akun Youtube Opi E-Sports. Journal of Management, Education and Communication, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.64685/jmec.v3i1.53
Jenkins, H. (2008). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York University Press.
Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Komunikatif, 8(2), 205–222. https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2199
Nugroh, I., & Irwansyah. (2021). Konvergensi Konten Audio di Media Online (Studi Kasus Podcast Detik.com). Jurnal Komunikasi, 15(1). https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/download/9753/5698
Nur Habibah, J., Alia Abdullah, M. N., & Rizaldi, M. R. (2025). Perspektif Sosiologi terhadap Toleransi dalam Pluralisme Digital: Studi Kasus Program LOGIN Habib Ja’far Channel YouTube @Deddy Corbuzier. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan (JUPANK), 5(1), 673–684. https://doi.org/10.36085/jupank.v5i1.8099
Riskiy, S. R., & Hapsari, R. (2022a). Interpretasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare Pria (Studi Resepsi Stuart Hall pada Khalayak Pria). BroadComm, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.234
Riskiy, S. R., & Hapsari, R. (2022b). Studi Resepsi Stuart Hall pada Khalayak Pria. BroadComm, 4(1), 45–56.
Sidik, A. P., & Sanusi, N. (2019). Pola Komunikasi Mahasiswa Di Media Sosial. Jurnal Common, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1949
Sinabariba, S. C. (2023). Eksistensi Radio: Tantangan dan Peluang di Era Digital dan Post-Pandemic COVID-19 (Sebuah Pendekatan dengan Metode Tinjauan Literatur Sistematik). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4002
Widyanggari, E. N. (2021). Analisis Resepsi Penggunaan Media Sosial Untuk Pengambilan Keputusan Pada Kampanye New Normal. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(2), 73. https://doi.org/10.31506/jrk.v12i2.12112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Winda Sari, Primi Rohimi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.















