STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK SYAKUR PUTRI MELALUI PROGRAM KAMPANYE “HAP HUAP ASYIK”

Authors

  • Syahrul Ramadhan Universitas Garut
  • Ummu Salamah Universitas Garut
  • Resty Mustika Pratiwi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i2.6282

Keywords:

makan gratis, komunikasi politik, kampanye

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik pasangan calon Syakur Amin dan Putri Karlina melalui program “Hap Huap Asyik” dalam kontestasi Pilkada Garut. Program ini merupakan bentuk adaptasi lokal dari isu nasional makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto, namun dikemas dalam pendekatan budaya, emosional, dan komunikasi langsung yang menyentuh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, serta menganalisis lima dimensi utama strategi komunikasi politik, yaitu: penentuan komunikator, target khalayak, pesan yang disampaikan, media yang digunakan, dan dampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program ini ditentukan oleh kombinasi karakter birokratis Syakur dan pendekatan komunikatif-humanis dari Putri, sehingga membentuk figur komunikator politik yang kredibel dan diterima luas. Strategi ini juga menyasar masyarakat menengah ke bawah melalui titik-titik publik strategis dengan pendekatan yang inklusif dan empatik. Pesan yang disampaikan tidak hanya menyentuh kebutuhan dasar, tetapi juga dibingkai secara simbolik dan emosional. Media kampanye memadukan komunikasi langsung dan distribusi digital melalui influencer yang memperkuat jangkauan pesan dan efek viral. Dampaknya mencakup peningkatan elektabilitas secara signifikan, pembentukan citra positif, serta koneksi emosional yang kuat dengan publik. Penelitian ini merekomendasikan agar strategi komunikasi semacam ini dilengkapi dengan elemen edukatif untuk mendorong literasi politik masyarakat secara lebih menyeluruh dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abda, Y., & Zulfikar. (2024). Strategi Komunikasi Politik Ideal bagi Calon Walikota Dalam Pilkada Aceh 2024. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 11(2), 128–143. https://doi.org/10.54621/jn.v11i2.900

Amanu, H., & Karmila, L. (2021). Peran Media Massa Dalam Komunikasi Politik di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 1(1), 1–8.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut. (2024, November 11). Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Garut Agustus 2024. Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut.

Cangara, H. (2016). Komunikasi Politik, Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hafid, H., Jannah, S. R., & Jauhari, M. (2024). Strategi Komunikasi Politik “Nyantri” Prabowo Subianto dalam Memenangkan Pilpres 2024. Jurnal Riset Komunikasi, 7, 262–277. https://www.jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/1041%0Ahttps://www.jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/download/1041/197

Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145–161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385

Hutabarat, P. P., Widiastuti, W., & Martadireja, S. (2024). Persepsi Generasi-Z tentang Political Amateur dalam Pilkada Kota Bengkulu 2024. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 47–56. https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5481

Kreiss, D., McGregor, & Shannon C. (2018). Technology Firms Shape Political Communication: The Work of Microsoft, Facebook, Twitter, and Google With Campaigns During the 2016 U.S. Presidential Cycle. Political Communication, 35(2), 155–177. https://doi.org/10.1080/10584609.2017.1364814

Lembaga Survei Indikator. (2024, October 26). Rilis Indikator Pilbup Garut Oktober 2024. Indikator.

Maulana, A., & Ruliana, P. (2024). Strategi Komunikasi Politik Guruh Soekarnoputra Melalui Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Dalam Memenangi Pemilihan Umum Legislatif. Jurnal Pewarta Indonesia, 4(2), 150–162. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/jpi.v4i2.112

McNair, B. (2016). An Introduction to Political Communication atau Pengantar Komunikasi Politik. Terjemahan Imam Muttaqien. Bandung: Nusa Media.

Njoko, V. (2018). Strategi Komunikasi Politik Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Dalam Mensosialisasikan Program Pendidikan Berkarakter. Jurnal E-Komunikasi, 6, 1–11.

Oomen, W., Martens, E., & Piccoli, A. (2021). The neoliberal workings of The Family Meal campaign: Unfortunate others, European citizens, and the branding of the EU. European Journal of Cultural Studies, 24(1), 295–313. https://doi.org/10.1177/1367549420919851

Pangaribuan, K. A., Zybila Nahriva, A., Emri, Z. P., Simanjuntak, C. Z., & Sakti, M. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Peran Makan Siang Gratis Dalam Janji Kampanye Prabowo-Gibran Dan Realisasinya.

Sammeng, W., & Soumokil, O. (2024). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Status Gizi Dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal), 14, 100–109. https://doi.org/10.32695/jkt.v14i2.460

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung, 170–182.

Sulaeman, A., & Pramajakti, H. (2025). Komparasi Retorika Aristoteles Melalui Pidato, Adu Pendapat Dalam Debat Calon Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 Terhadap Hasil Perhitungan KPU. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi. https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5884

Tukwasibwe, C., & Musungu, J. (2022). Language and Political Messaging in Electoral Processes: A Literary Examination of Trends in Kenya’s 2022 and Uganda’s 2021 Elections. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 5, 53–62. https://doi.org/10.32996/ijllt.2022.5.12.7

Venus, A., Rema Karyanti, S., & Rakhmat, J. (2019). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Wati, R., Rafni, A., & Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, H. (2025). Strategi Komunikasi Politik Pasangan Hamsuardi dan Risnawanto Pada Kampanye Pilkada 2020. In Journal of Education, Cultural and Politics (Vol. 5, Issue 1).

Watts, A., Araiza, A. L., Fernandez, C. R., Rosenthal, L., Vargas-Rodriguez, I., Duroseau, N., Accles, L., & Rieder, J. (2021). The campaign for universal free lunch in New York City: Lessons learned. Pediatrics, 148(4). https://doi.org/10.1542/peds.2020-049734

Zaman, R. K., & Misnan, M. (2021). Infrastruktur Politik Menuju Pilpres 2024 Dalam Konstruksi Media Sosial. Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1558

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Ramadhan, S., Salamah, U., & Pratiwi, R. M. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK SYAKUR PUTRI MELALUI PROGRAM KAMPANYE “HAP HUAP ASYIK” . JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 9(2), 197–215. https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i2.6282