KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MEMBANGUN CITRA DAN DAYA TARIK DESA WISATA MEKARLAKSANA CIKANCUNG KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Deviana Safitri Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia Membangun Bandung
  • Ahmad Taufiq Maulana Ramdan Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia Membangun Bandung

DOI:

https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5917

Keywords:

Pemasaran Digital, Desa Wisata, Membangun Citra dan Daya Tarik, Promosi Pariwisata

Abstract

Desa Wisata Mekarlaksana di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, merupakan destinasi yang memadukan kekayaan budaya lokal, potensi alam, dan pendekatan digital dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya komunikasi pemasaran digital sebagai strategi utama dalam membangun citra dan daya tarik destinasi wisata di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas strategi komunikasi pemasaran digital dalam memperkenalkan potensi wisata Desa Mekarlaksana kepada masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, serta pengelolaan website resmi desa, mampu meningkatkan visibilitas dan engagement wisatawan secara signifikan. Strategi digital yang digunakan meliputi storytelling, copywriting, konten visual berkualitas, serta kolaborasi dengan influencer dan travel blogger. Digital marketing terbukti berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan hingga 75%. Selain itu, keterlibatan Pokdarwis dan masyarakat dalam promosi digital turut memperkuat citra desa serta memperluas jangkauan pemasaran. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan SDM dan infrastruktur, komunikasi pemasaran digital tetap menjadi solusi efektif dalam mempromosikan desa wisata secara berkelanjutan. Kesimpulannya, strategi digital yang terencana dan partisipatif dapat membangun citra positif sekaligus meningkatkan daya saing Desa Wisata Mekarlaksana dalam industri pariwisata lokal maupun nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2021). Peran Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39–55. https://doi.org/10.26593/be.v23i1.4654.39-55

Amrita, N. D. A. … Handayani, M. M. (2024). Digital Marketing. PT Green Pustaka Indonesia.

Faustyna. (2024). Strategi Komunikasi Krisis Public Relations Digital di TikTok pada Dinas Pariwisata Medan Selama Pandemi COVID-19 : Analisis Kasus Pengelolaan Konten Inovatif. 22(2), 288–307.

Jenal Abidin, R. F. , R. A. A. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36276/jap

Kemenparekraf. (2023). Expert Survey: Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tumbuh pada 2024. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/expert-survey-sektor-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-tumbuh-pada-2024

Kurnia, A. (2021). Strategi Pemasaran Digital Sebagai Destinasi Desa Wisata. http://repository.bakrie.ac.id/5985/%0Ahttp://repository.bakrie.ac.id/5985/1/01. Ari_Buku Desa Wisata.pdf

Lubis, I. A. R. … Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 193–206. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.3064

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Cakrawala: Ejournal.Bsi.Ac.Id, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTARGRAM. 23–38.

Nurhidayati, S. E. … Apriyanto, A. (2025). Pesona Pariwisata Indonesia : Potensi, Pengembangan, dan Inovasi Membangun Destinasi Pariwisata Indonesia. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahayu, W. … Istiqomah, Y. (2024). Kombinasi Digital Marketing, Marketing Konvensional Dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kampung Cikandang. Jurnal Inovasi Masyarakat, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.33197/jim.v4i1.1959

Ramdan, A. T. (2017). Membangun Citra "Reak" Sebagai Media Komunikasi Budaya dan Pendidikan. In P. S. Susanne Dida, Public Relations and Tourism (pp. 01- 176). Bandung: Unpad Press.

Salsabila, I., & Puspitasari, A. Y. (2023). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 3(2), 241. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29524

Setyaningrum, P. (2023). Mengenal Pokdarwis, Penggerak Sektor Pariwisata di Tingkat Desa. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2023/11/30/215920978/mengenal-pokdarwis-penggerak-sektor-pariwisata-di-tingkat-desa?page=all

Sholeha, N. W. (2024). 10 Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Tengah Globalisasi. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7213035/10-cara-melestarikan-budaya-indonesia-di-tengah-globalisasi

Tahwin, M. … Sodiq, F. (2024). Digitalisasi sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata Seni dan Budaya Sendangasri Kabupaten Rembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 32–41. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2514

Tawaqal, R. S. … Silviany, A. E. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Humas Jabar dalam Penyampaian Informasi di Era Digital. 11(2), 67–77.

Wardana, A. K. … Parani, R. (2024). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Era Digital: Peran Teknologi dan Respons Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Edukasi Dan Kewirausahaan.

Warsudi, A. (2023). Potensi Sumber Daya Alam Jawa Barat, dari Perkebunan hingga Pariwisata. INews Jabar. https://jabar.inews.id/berita/potensi-sumber-daya-alam-jawa-barat-dari-perkebunan-hingga-pariwisata/all

Wiryany, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Personal Selling Pada Pkt-Kebun Raya Bogor. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 1(1), 16–33. https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i1.63

Wiryany, D. … Hafiar, H. (2018). Kegiatan Pt. Kelaskita Edukasi Dalam Melakukan Komunikasi Pemasaran. Widya Komunika, 8(1), 12. https://doi.org/10.20884/wk.v8i1.1393

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Safitri, D., & Taufiq Maulana Ramdan, A. (2025). KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MEMBANGUN CITRA DAN DAYA TARIK DESA WISATA MEKARLAKSANA CIKANCUNG KABUPATEN BANDUNG. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 9(1), 69–81. https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5917