KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MEMBANGUN CITRA DAN DAYA TARIK DESA WISATA MEKARLAKSANA CIKANCUNG KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5917Keywords:
Pemasaran Digital, Desa Wisata, Membangun Citra dan Daya Tarik, Promosi PariwisataAbstract
Desa Wisata Mekarlaksana di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, merupakan destinasi yang memadukan kekayaan budaya lokal, potensi alam, dan pendekatan digital dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya komunikasi pemasaran digital sebagai strategi utama dalam membangun citra dan daya tarik destinasi wisata di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas strategi komunikasi pemasaran digital dalam memperkenalkan potensi wisata Desa Mekarlaksana kepada masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, serta pengelolaan website resmi desa, mampu meningkatkan visibilitas dan engagement wisatawan secara signifikan. Strategi digital yang digunakan meliputi storytelling, copywriting, konten visual berkualitas, serta kolaborasi dengan influencer dan travel blogger. Digital marketing terbukti berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan hingga 75%. Selain itu, keterlibatan Pokdarwis dan masyarakat dalam promosi digital turut memperkuat citra desa serta memperluas jangkauan pemasaran. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan SDM dan infrastruktur, komunikasi pemasaran digital tetap menjadi solusi efektif dalam mempromosikan desa wisata secara berkelanjutan. Kesimpulannya, strategi digital yang terencana dan partisipatif dapat membangun citra positif sekaligus meningkatkan daya saing Desa Wisata Mekarlaksana dalam industri pariwisata lokal maupun nasional.
Downloads
References
Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2021). Peran Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39–55. https://doi.org/10.26593/be.v23i1.4654.39-55
Amrita, N. D. A. … Handayani, M. M. (2024). Digital Marketing. PT Green Pustaka Indonesia.
Faustyna. (2024). Strategi Komunikasi Krisis Public Relations Digital di TikTok pada Dinas Pariwisata Medan Selama Pandemi COVID-19 : Analisis Kasus Pengelolaan Konten Inovatif. 22(2), 288–307.
Jenal Abidin, R. F. , R. A. A. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36276/jap
Kemenparekraf. (2023). Expert Survey: Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tumbuh pada 2024. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/expert-survey-sektor-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-tumbuh-pada-2024
Kurnia, A. (2021). Strategi Pemasaran Digital Sebagai Destinasi Desa Wisata. http://repository.bakrie.ac.id/5985/%0Ahttp://repository.bakrie.ac.id/5985/1/01. Ari_Buku Desa Wisata.pdf
Lubis, I. A. R. … Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 193–206. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.3064
Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Cakrawala: Ejournal.Bsi.Ac.Id, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488
Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTARGRAM. 23–38.
Nurhidayati, S. E. … Apriyanto, A. (2025). Pesona Pariwisata Indonesia : Potensi, Pengembangan, dan Inovasi Membangun Destinasi Pariwisata Indonesia. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahayu, W. … Istiqomah, Y. (2024). Kombinasi Digital Marketing, Marketing Konvensional Dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kampung Cikandang. Jurnal Inovasi Masyarakat, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.33197/jim.v4i1.1959
Ramdan, A. T. (2017). Membangun Citra "Reak" Sebagai Media Komunikasi Budaya dan Pendidikan. In P. S. Susanne Dida, Public Relations and Tourism (pp. 01- 176). Bandung: Unpad Press.
Salsabila, I., & Puspitasari, A. Y. (2023). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 3(2), 241. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29524
Setyaningrum, P. (2023). Mengenal Pokdarwis, Penggerak Sektor Pariwisata di Tingkat Desa. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2023/11/30/215920978/mengenal-pokdarwis-penggerak-sektor-pariwisata-di-tingkat-desa?page=all
Sholeha, N. W. (2024). 10 Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Tengah Globalisasi. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7213035/10-cara-melestarikan-budaya-indonesia-di-tengah-globalisasi
Tahwin, M. … Sodiq, F. (2024). Digitalisasi sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata Seni dan Budaya Sendangasri Kabupaten Rembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 32–41. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2514
Tawaqal, R. S. … Silviany, A. E. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Humas Jabar dalam Penyampaian Informasi di Era Digital. 11(2), 67–77.
Wardana, A. K. … Parani, R. (2024). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Era Digital: Peran Teknologi dan Respons Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Edukasi Dan Kewirausahaan.
Warsudi, A. (2023). Potensi Sumber Daya Alam Jawa Barat, dari Perkebunan hingga Pariwisata. INews Jabar. https://jabar.inews.id/berita/potensi-sumber-daya-alam-jawa-barat-dari-perkebunan-hingga-pariwisata/all
Wiryany, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Personal Selling Pada Pkt-Kebun Raya Bogor. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 1(1), 16–33. https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i1.63
Wiryany, D. … Hafiar, H. (2018). Kegiatan Pt. Kelaskita Edukasi Dalam Melakukan Komunikasi Pemasaran. Widya Komunika, 8(1), 12. https://doi.org/10.20884/wk.v8i1.1393
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deviana Safitri, Ahmad Taufiq Maulana Ramdan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.















