PENGARUH REVIEW PRODUK DI APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK FASHION (SURVEY DI KALANGAN FOLLOWER AKUN IG @FADILJAIDI)

Authors

  • Salsabila Azizah Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka
  • Hendri Prasetya Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka
  • Dini Wahdiyati Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5880

Keywords:

Product Review, Purchase Decision, Social Media Influence, Digital Marketing

Abstract

Di era digital, media sosial, khususnya Instagram, telah menjadi platform utama untuk pemasaran produk, dan ulasan produk yang dibagikan oleh pengguna atau influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini mengadopsi teori modeling Albert Bandura yang menjelaskan bagaimana individu dapat belajar dan meniru perilaku orang lain yang dianggap sebagai role model. Dalam hal ini, influencer seperti Fadil Jaidi berperan penting dalam membentuk persepsi dan minat beli konsumen, khususnya generasi muda yang aktif menggunakan media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang mengikuti akun Fadil Jaidi di Instagram dan memiliki pengalaman dalam membeli produk fashion berdasarkan ulasan yang diberikan oleh influencer tersebut. Analisis data dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan terhadap influencer, persepsi kualitas produk, dan keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana ulasan produk di media sosial, terutama oleh influencer, dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen di Indonesia, khususnya dalam industri fashion. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis media sosial dan influencer di masa depan serta memberikan rekomendasi bagi brand dalam memanfaatkan kekuatan influencer untuk menarik minat konsumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang bagaimana kehadiran influencer dalam media sosial dapat memengaruhi tidak hanya perilaku konsumen, tetapi juga memperkuat posisi brand di pasar yang semakin kompetitif. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan di era digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Hariyati, F., & Wahdiyati, D. (2019). Penguatan Dakwah Virtual Sebagai Upaya Memakmurkan Masjid Berbasis Kegiatan Remaja Masjid. Jurnal SOLMA, 8(2), 239. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3392

Hau Le1, and P. M. N. (2024). The Impact of Reviewers on Social Media on the Buying Intentions of GenZ in Vietnam. JOURNAL OF CONTEMPORARY SOCIAL SCIENCES AND HUMANITIES, 0541, 33–47. https://jcsh.rsu.ac.th/files/issues/V11N2/243_20241127105630.pdf

Holifah, J., Prasetya, H., & Hidayati, A. (2023). Pengaruh Iklan Brand Skincare COSRX Versi Jeon Somi Sebagai Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Merek. Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue), 3, 10873–10887. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1363

Huda, N., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Modelling Teori Albert Bandura pada Mata Pelajaran FIKIH Di MI Ummul Qura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1088. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1130

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12. https://osf.io/preprints/osf/v9j52

Mayang Sari Pratiwi, Erdiansyah, E. R. (2022). Pengaruh Lifestyle, Selebgram dan Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Media Sosial Instagram (Studi Eksplanatif pada Followers Selebgram Palembang @Jihannabilaaaaa). Jurnal Manivestasi, 4(9). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/view/13226/7689

Olivia M. Kaparang. (2013). ANALISA GAYA HIDUP REMAJA DALAM MENGIMITASI BUDAYA POP KOREA MELALUI TELEVISI (Studi pada siswa SMA Negeri 9, Manado). Journal “Acta Diurna,” II(5), 512–517. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1138

Putri, L. E., & Asri Humaira, M. (2024). Pengaruh Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Karimah Tauhid, 3(1), 694–702. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9206

Putri Rifiani, Firdaus Yuni Dharta, O. O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1923

Zikriadi, Umar Sulaiman, & Hifza. (2023). Aneka Jenis Penelitian. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i1.157

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Azizah, S., Prasetya, H., & Wahdiyati, D. (2025). PENGARUH REVIEW PRODUK DI APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK FASHION (SURVEY DI KALANGAN FOLLOWER AKUN IG @FADILJAIDI). JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 9(1), 140–152. https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5880