Pengaruh Digital Branding Terhadap Minat Kunjung Pada Pelanggan D’raja Coffee

Authors

  • Evi Enitari Napitupulu Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rachel Mia L. Lbn Toruan Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Martha Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5571

Keywords:

Digital Branding, Minat Kunjung, Pelanggan

Abstract

D’raja Coffee merupakan sebuah kedai kopi yang cukup popular di Kota Medan. Pelangganya datang dari berbagai kalangan umur. Seiring dengan potensi pasar kuliner yang bukan hanya merupakan tempat makan namun juga menyajikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Hal ini menjadikan menjadikan D’raja Coffee yang berdiri tahun 2013 ini setiap harinya cukup ramai dikunjungi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital branding berpengaruh terhadap minat kunjung pada pelanggan D’raja Coffee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen D’raja Coffee sebanyak 4.200 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik Sample Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis serta Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS Version 24 for Windows, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui uji parsial (uji t) dapat dilihat bahwa variabel Digital Branding nilai thitung 8,027 > ttabel 1,98498 artinya positif. Dimana nilai p-value pada kolom Sig. 0,000 < 0,05 artinya signifikan. Hal ini menjelaskan bahwa Digital Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung pada pelanggan D’raja Coffee Gatot Subroto Medan, sehingga dapat disimpulkan hipotesis diterima.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung pada pelanggan D’raja Coffee serta Digital Branding mempengaruhi minat kunjung pada pelanggan D’raja Coffee sebesar 40,20%, hal ini dapat diartikan bahwa 59,80% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan variabel yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alif, Andikha. Pengaruh Personal branding Baim Wong Pada Akun Instragram @donuthing.co.id Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Follower Instagram @donuthing.co.id). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2022. Skripsi

Amroni dan Maharani. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Kue Yosin Di Kecamatan Plumbon. Medan: Universitas Negeri Medan. 2019. Skripsi

Elliyana, Ela,et.al. Dasar-Dasar Pemasaran. Malang: Ahlimedia Press. 2022

Fellany, Putrid an Paramita, Sinta. Analisis Digital Branding Pada Media Sosial akun Instagram. Prologia. 7(1) . 2023

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program UBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2018

Hariyanto, Didik. Buku Ajar: Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: Umsida Press . 2023

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers. 2020

Ibrahim, Andi. Strategi Perpustakaan Terhadap Peningkatan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Khazanah Al- Hikmah. 5(2) . 2017

Maulana, irfan, et.al. Strategi Digital Branding Dalam Meningkatkan Jumlah Santri Pondok Pesantren tarbiyatul Mubtadiin. Jurnal Perkusi (Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia). 2(2). 2022. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIPER/article/view/19598/9961

Miftahulhasanah,Livia dan Maranisya,Ulfi. Pengaruh Promosi dan Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Even Gelar Jepang UI. Comserva. 3(3) . 2023

Miarsih, Gani Surya san Anwani. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economi. 2018. https://www.researchgate.net/publication/347871953_analisis_faktor-faktor_yang_mempengaruhi_minat_berkunjung_wisatawan_ke_obyek_wisata_religi_masjid_gedhe_kauman_yogyakarta

Pragita, Yesi. Digital Branding Norma Coffee Melalui Konten Kreatif Di Instragram @normacoffee.id.Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau. 2022. Skripsi

Sunarya, Dio. Analisis Strategi Digital Branding Pada Start Up Online Travel Agency (Studi Kasus Tiket.com). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2024. Skripsi.

Tjhin,S. et.al. Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment. 1(1) . 2021

Utama,I.G.B.R. Pemasaran Wisata. Yogyakarta: Andi Offset. 2017.

Yunus, Ulani. Digital Branding:Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatma Media . 2020.

Zeithaml, Valeria, et.al. Service Quality Dimensions. Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). New York: Mc Graw Hill Education. 2018.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Sihombing, M. (2024). Pengaruh Digital Branding Terhadap Minat Kunjung Pada Pelanggan D’raja Coffee. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 8(2), 239–250. https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5571