RANCANG BANGUN SISTEM BOOKING SERVICE DEALER TOYOTA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: DEALER TOYOTA KOTA SORONG)

Authors

  • Muzakkir Pangri Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia
  • Fitryani Tella Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia
  • Fajar Rahardika Bahari Putra Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia
  • Muhammad Jundullah Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia
  • Nur Miswar Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia
  • Mariana Anggraini Suwardi Ningsih Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong,Papua Barat Daya, 98416, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v10i1.6263

Keywords:

Sistem Informasi, Booking Service, Dealer Toyota, Android, Agile

Abstract

Permasalahan dalam pelayanan booking service di dealer Toyota Kota Sorong masih dilakukan secara manual, seperti melalui telepon dan pencatatan antrian secara konvensional, yang menyebabkan ketidakefisienan serta ketidaktepatan waktu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi booking service berbasis Android yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada konsumen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan pengembangan sistem menggunakan metode Agile yang mencakup tahap perancangan, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan sistem. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada pihak dealer. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi mobile Android yang menyediakan fitur utama seperti booking service, nomor antrian otomatis, informasi transaksi, notifikasi layanan, serta histori dan testimoni service. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box dan usability testing. Hasil pengujian menunjukkan sistem berjalan sesuai fungsinya dan mendapatkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 85,06%, yang menunjukkan aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem yang dirancang dapat mempercepat proses pelayanan booking service secara online dan meningkatkan kualitas layanan di dealer Toyota Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Surahmanto, F. Rahardika, B. Putra, M. Rizki, and A. Ilham, “Metode Dempster Shafer Dengan Penelusuran Forward Chaining Berbasis Android,” J. MAHAJANA Inf., vol. 10, no. 1, pp. 37–51, 2025, doi: https://doi.org/10.51544/ jurnalmi.v10i1.6079.

D. Rahmawati, S. Sharyanto, and B. Gunawan Sudarsono, “Information System Design And Manufacture Online Booking Car Service Website Based And Spare Part Availability At CV. Bersama Maju Service Central Jakarta Branch,” J. Eng. Technol. Comput., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: https://doi.org/10.63893/ jetcom.v2i1.80.

J. Adelwin, Wasino, and T. Sutrisno, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Pembookingan Servis Mobil Berbasis Android Pada Otr.Id,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: https://doi.org/10.24912/jiksi. v12i1.28237.

Y. Fatman, R. Erlianti, and G. Ramadinawati, “Rancang Bangun Room Booking System Menggunakan Framework Laravel di Universitas Islam Nusantara,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, p. 943, 2023, doi: 10.35889/jutisi.v12i3.1365.

A. Viqri Zakaria and A. Sifaunajah, “Rancang Bangun Sistem Booking Antrian Service Bengkel Mobil Berbasis Website Dengan Framework Codeigniter 3,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 6, pp. 11671–11676, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i6.11289.

Agnes Gabriel Natasya and Endang Setyawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Booking Online Pada Salon Callista Berbasis Web,” Jotika J. Manag. Entrep., vol. 4, no. 1, pp. 18–30, 2024, doi: https://doi.org/10.56445/jme.v4i1.159.

Iskandar, Umar Tsani Abdurahman, Djoko Nursanto, and Mohamad Anas Sobarnas, “Rancang bangun aplikasi sistem booking pendaftaran berobat pasien poliklinik (simbolik) berbasis android menggunakan metode agile scrum,” INFOTECH J. Inform. Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2024, doi: 10.37373/infotech.v5i1.963.

F. R. B. Putra, A. Fadlil, and R. Umar, “Application of Forward Chaining Method , Certainty Factor , and Bayes Theorem for Cattle Disease,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 14, no. 1, pp. 365–374, 2024, doi: https://doi.org/10.18517/ ijaseit.14.1.18912.

H. Handayani, A. M. Ayulya, K. U. Faizah, D. Wulan, and M. F. Rozan, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Software Development,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–40, 2023, doi: 10.55583/jtisi.v1i1.324.

D. T. Haniva, J. A. Ramadhan, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 7, no. 1, pp. 36–42, 2023, doi: 10.26740/jieet.v7n1.p36-42.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Pangri, M., Fitryani Tella, Fajar Rahardika Bahari Putra, Muhammad Jundullah, Nur Miswar, & Mariana Anggraini Suwardi Ningsih. (2025). RANCANG BANGUN SISTEM BOOKING SERVICE DEALER TOYOTA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: DEALER TOYOTA KOTA SORONG) . JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 10(1), 93–105. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v10i1.6263