GAME EDUKASI PENGENALAN BUAH - BUAHAN UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN UNITY STUDI KASUS RA AS SYAUQIAH DESA TANJUNG GUSTA
DOI:
https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v10i1.6130Keywords:
Educational Game, Introduction to fruits, Design Thinking, Unity, Usability TestingAbstract
Game edukasi merupakan efektif yang menggabungkan hiburan dan pendidikan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak terutama pada usia dini yang dikenal sebagai periode emas perkembangan. Pengenalan buah-buahan ini merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak, namun metode pengajaran konvesional sering kali kurang menarik sehingga menghambat proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi penegenalan buah-buahan menggunakan platfrom Unity yang dimana dengan adanya game edukasi ini dirancang untuk meningkatkan daya pikir dan motivasi keterlibatan anak dalam pembelajaran interaktif yang menyenangkan. Merode Design Thinking digunakan dalam penelitian ini untuk merancang Solusi yang berfokus pada kebutuhan pengguna, dengan pendekatan yang berdasarkan pemahaman mendalam tentang anak anak. Hasil perhitungan yang didapatkan nilai SUS sebesar 84,75 Sehingga prototype dari “Game Edukasi Pengenalan Buah-Buahan” yang berarti prototype yang di uji dapat diterima atau acceptable dengan grade scale “B” dan adjective rating “Excellent. Hasilnya menunjukan bahwa game edukasi yang di rancang dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif dalam mengenalkan buah-buahan kepada anak-anak.
Downloads
References
Ariati, N. (2021). Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 12(1), 23–28. https://doi.org/10.36982/jiig.v12i1.1542
Ariyani, N. (2020). User Experience Game Edukasi Menggunakan Metode Child Centered Design (Studi Kasus Game Petualangan Doni).
Destriani, R., & Heroza, R. I. (2023). Penerapan Design Thinking Dengan Gamifikasi Guna Meningkatkan Motivasi Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak. Jurnal Tekno Kompak, 17(1), 81. https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2121
Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Paud Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i2.70
Haruna, R., Fadhliana, N. R., & Sari, W. E. (2022). Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah Buahan Menggunakan Adobe Flash. Buletin Poltanesa, 20(2), 45–50. https://doi.org/10.51967/tanesa.v20i2.310
Rohmawati, I. (2020). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907
Wahyuningsih, Y., & Oktaviani, Y. C. (2023). Implementasi Pendekatan Design Thinking pada Rancang Bangun Aplikasi Edukasi untuk Anak Usia Dini. 147–155.
Yulianto, F., Utami, Y. T., Ahmad, I., & Teknik, F. (2021). GAME EDUKASI PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERVITAMIN C UNTUK ANAK USIA DINI Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | 243. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7, 242–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/15554
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zarifa Ryanda, Yanti Yusman, Ahmad Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











This work is licensed under a