PENGARUH KUALITAS BERKAS SINAR-X TERHADAP DOSIS RADIASI PADA PESAWAT RADIOGRAFI UMUM

Authors

  • Sari Dabukke Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Berkat Panjaitan Prodi Teknik Elektromedik Binalita Sudama

Keywords:

Kualitas Berkas, Dosis Radiasi, Pesawat Radografi Umum

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengujian Kualitas Berkas Sinar-X terhadap Dosis radiasi Pada Pesawat Radiografi Umum. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Berkas terhadap Dosis Radiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Eksperimen langsung dengan menggunakan Detektor Piranha untuk menguji kualitas berkas dan dosis radiasi secara langsung dengan menggunakan variasi tegangan tabung 70 kilo voltage, 80  kilo voltage dan kuat arus tetap 20 mili Amper Second. Untuk pengujian ini menggunakan filter Inherent (Bawaan ) Pada Alat sebesar 1.2 mm AL dengan tambahan filter Addherent 1 mmAl, 2 mmALdan 3 mmAl. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin tipis filter yang digunakan maka dosis radiasi semakin besar. Semakin Tebal filter yang digunakan maka dosis radiasi semakin kecil dan sebaliknya. Kualitas berkas dapat menyaring energy rendah terdapat pada pada tegangan 70 kilo voltage total filter 4,2 dosis radiasi 0,4219 mGy dan pada tegangan 80 Kilo voltage dosis radiasi sebesar 0,5929 kenaikan nilai Hvl seiring dengan kenaikan tegangan tabung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Peraturan Kepala BAPETEN No. 8 Tahun 2011 tentang Keselamatan Radiasi dalam Penggunaan Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional, 2011.
Trikasjono T., 2007, Perancangan Ruang Pengujian Kebocoran pesawat Sinar-X Rigaku 250 kV, Seminar nasional III SDM Teknologi Nuklir Yogyakarta
Milvita et al., 2009, Analisis Dosis Radiasi yang Diterimamata. Depok prosiding Seminar Nasional
Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Peraturan Kepala BAPETEN No. 8 Tahun 2013 tentang Proteksi Dan Keselamatan Radiasi Dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklirl, 2013.

Published

2020-01-10