PENGARUH KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA

Authors

  • Farida Hanum Siregar Program Studi Psikologi Universitas Medan Area
  • Azhar Aziz Program Studi Psikologi Universitas Medan Area

Keywords:

kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk kepada keputusan pembelian handphone Android pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Kampus II angkatan 2016 dan 2017 yang diambil dari total populasi sebanyak 60 mahasiswa. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kualitas produk dan keputusan pembelian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian data diperoleh hasil dengan F= 9,037 dan p= 0,000 (p < 0,005), berarti ada pengaruh yang sangat signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian. Hasil analisis korelasi rxy= 0,365; p= 0,000 (p< 0,05), berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kualitas produk dengan keputusan pembelian pada subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif kualitas produk terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dari koefisien determinan R square= 0,133  sebesar 13,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian Handphone Android pada mahasiswa. Maka hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, 2002, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Penerbit, Graha Ilmu, Jakarta.
Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.
Basu Swastha, DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty:Yogykarta.
Dharmmesta, B.S. (1999). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti.
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Engel, Blackwell, Dan Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fandy Tjiptono,Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta 2000.
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3, h. 73-88.
Jurnal Keputusan Pembelian. DA Kusumawardani, 2011. Semarang.
Jurnal Materi dan Terapa. Maria, 2016, Surabaya.
Kotler, Philip.1995.Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit Erlangga. Griffin, Jill. 2002. Customer Loyalty How to Earn It, How to Keep It. Kentucky:McGraw-Hill.
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Amstrong. 2001.Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta,Prehallindo.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.Kotler.
Kotler, Philip dan Gary armstrong, 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Kotler, philip dan Kevin Lane, 2015, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.
Nasution, M.N, (2001), Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia.
Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2000.Consumer Behavior. Fifth Editio, Prentice-Hall Inc. New Jersey.
Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Swasta, B. 2010. Manajemen pemasaran, analisa perilaku konsumen, Vol 1. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Ujang Sjumarwan. 2004. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia.

Published

2020-01-10