PENGARUH KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN DENGAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM NORMAL DI RSU HAJI MEDAN TAHUN 2018

Authors

  • Mayang Wulan Program Studi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia

Keywords:

Pijat Oksitosin, Aromaterapi lavender dan Produksi ASI

Abstract

Usaha  menigkatkan produksi ASI yaitu kombinasi pijat oksitosin dan aromaterapi adalah  kombinasi dua terapi ini akan meningkatkan rangsangan pada impuls syaraf yang dituju karena kulit akan menyerap essensial aromaterapi merangsang penciuman serta saat bersamaan terapi fisik dari pijat oksitosin. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kombinasi pijat oksitosin dengan aromaterapi lavender terhadap produksi ASI pada Ibu Post Partum Normal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan  pretest and posttest with control group. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah accidental sampling Analisa bivariat untuk mengetahui menggunakan uji T-Test (apabila data berdistribusi normal) atau wilcoxon test (apabila data berdistribusi tidak normal). Uji normalitas menggunakan shapiro-wilk. Nilai rata-rata produksi ASI kelompok intervensi dengan analisis uji T-Paired dengan nilai Alpha sama dengan 0,05 yaitu didapatkan nilai significancy 0,000 lebih kecil 0,005. Nilai rata-rata produksi ASI kelompok kontrol dengan analisis uji wilcoxon dengan nilai Alpha sama dengan 0,05 yaitu didapatkan nilai significancy 0,059 lebih besar dari 0,005. Terdapat perbedaan rata-rata produksi ASI sebelum dan sesudah dilakukan kombinasi pijat oksitosin dan arometerapi lavender dan tidak terdapat perbedaan rata-rata produksi ASI sebelum dan sesudah dilakukan breast care pada kelompok kontrol. Saran bagi petugas kesehatan agar semua bidan terampil dalam melakukan pijat oksitosin dan juga lebih giat dalam memberikan informasi tentang upaya yang dapat memproduksi ASI seperti kombinasi pijat oksitosin dan aromaterpi lavender kepada ibu post partum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiyah, Nor, And Atun Wigati. 2015. “Minyak Aromaterapi Lavender Sebagai Media Peningkatan Produksi Asi.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 6(2).
Bonny, Danuatmaja, And Mila Meilasari. 2004. Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit. Niaga Swadaya.
Delima, Mera, Gina Zulfia Arni, And Ernalinda Rosya. 2016. “Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Peningkatan Produksi Asi Ibu Menyusui Di Puskesmas Plus Mandiangin.” Jurnal Ipteks Terapan 9(4): 282–93.
Dewi, Adinda Putri Sari, Djaswadi Dasuki, And Farida Kartini. 2017. “The Effect Of Back Massage To Improve Breast Milk Production For Mothersafter Secarean Section.” Kesmas Indonesia 9(02): 1–9.
Florida, Grasiana, Irna Nursanti, And Giri Widakdo. “Efektifitas Pijat Punggung, Pijat Oksitosin Dan Kombinasi Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Dengan Section Caesarea.”
Hafid, Muhammad Fadly. “Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Hasil Tes Potensi Akademik Siswa Kelas Xii Sma Negeri 21 Makassar Tahun Pelajaran 2017/2018.”
Hargi, Jayanta Permana. 2013. “Hubungan Dukungan Suami Dengan Sikap Ibu Dalam Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember.”
Ip, Nella Vallen. 2019. “Pengaruh Pemberian Semangka Terhadap Produksi Asi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangayu Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 10(2).
Jamilah, Jamilah. 2015. “Efektifitas Kombinasi Pijat Oksitosin Tehnik Effleurage Dan Aromaterapi Rose Terhadap Kadar Prolaktin Post Partum Normal.” Jurnal Ilmiah Bidan 1(1): 1–14.
Kenia, Ni Made, And Dian Taviyanda. 2013. “Influence Of Relaxation Therapy (Rose Aromatherapy) Towards Blood Pressure Change Of The Elderly With Hypertension.” Jurnal Penelitian Stikes Kediri 6(1): 84–98.
Kianpour, Maryam, Akram Mansouri, Tayebeh Mehrabi, And Gholamreza Asghari. 2016. “Effect Of Lavender Scent Inhalation On Prevention Of Stress, Anxiety And Depression In The Postpartum Period.” Iranian Journal Of Nursing And Midwifery Research 21(2): 197.
Latifah, Juhar, Abdurahman Wahid, And Agianto Agianto. 2015. “Perbandingan Breast Care Dan Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Normal.” Dunia Keperawatan 3(1): 34–43.
Muthoharoh, Husnul. 2018. “Hubungan Pantang Makanan Pada Ibu Nifas Dengan Percepatan Involusi Uterus Pada Hari Ke 7 Post Partum.” Jurnal Kebidanan 10(1): 32–40.
Nainggolan, Mindo. 2009. “Pengetahuan Ibu Primigravida Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Dan Kuantitas Asi Di Puskesmas Simalingkar Medan.” Pengetahuan Ibu Primigravida Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Dan Kuantitas Asi Di Puskesmas Simalingkar Medan.
Penyusun, Tim Et Al. 2006. “Bahan Ajar.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Putri, Niza Zulnia. “Hubungan Antara Faktor Ibu Dan Inisiasi Menyusu Dini (Imd) Dengan Pemberian Asi Eksklusif Oleh Ibu Multipara Pada Bayi Usia 6-12 Bulan (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pademawu, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan).”
Rizqiani, Aulia Putri. 2017. “Pengaruh Terapi Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Primigravida Di Rumah Bersalin Citra Insani Semarang.”
Widayanti, Wiwin. 2014. “Efektivitas Metode ‘Speos’(Stimulasi Pijat Endorphin, Oksitosin Dan Sugestif) Terhadap Pengeluaran Asi Pada Ibu Nifas:(Quasi Ekperimen, Di Bpm Wilayah Kabupaten Cirebon Tahun 2013).”
Wijayanti, Titik, And Atik Setiyaningsih. 2017. “Perbedaan Metode Pijat Oksitosin Dan Breast Care Dalam Meningkatkan Produksi Asi Pada Ibu Post Partum.” Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 15) 8(2).
Yuliana, Wahida, Mohammad Hakimi, And Yuli Isnaeni. 2016. “Efektifitas Pijat Punggung Menggunakan Minyak Esensial Lavender Terhadap Produksi Asi Ibu Pasca Salin.”

Downloads

Published

2019-12-08