PENGARUH FAKTOR TANGIBLES DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN (STUDI KASUS: DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN)

Authors

  • Arles Febriman Telaumbanua Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Markus Setia Waoma Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nirmala Dinalias Tafonao Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Faktor Tangibles, Responsiveness, Kepuasan Masyarakat Kota Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangibles dan responsiveness baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat Kota Medan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS Version 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Tangibles tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan, (2) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan kepuasan masyarakat Kota Medan, dan (3) Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) Faktor Tangibles dan Responsiveness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, Nor. 2018. Pengaruh Emphaty, Tangible, Responsiveness, Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Desa. Bisnis Vol. 6 No.2

Halomoan, Chandra. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Di Perpustakaan Universitas Medan Area. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara

Ikhsan,Arfan,dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung : Citapustaka Media

Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan campuran Untuk Manajemen Pembangunan & Pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa : Pendekatan Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia

Lasa, H.S. 2009. Manajemen Perpustakaan Cet. II. Yogyakarta : Gama Media

Lupiyoadi, Rambat. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Margareth. 2003. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Mandar Maju

Pandita,Andi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Ritonga, Ferdiansyah dan Setiawan, Ivan Aries. 2011. Analisis Jalur (Path Analysis Dengan Menggunakan Program AMOS. Jakarta : Graha Ilmu

Ritonga, Siti Marwah. 2019. Pengaruh Tangible, Relialibity, Responsiveness, Assurance, Emphaty Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Sun Life Financial Indonesia Cabang Medan. Skripsi. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sangadji, Etta M. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset

Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing

Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing

Soenaryo, Jason. 2015. Analisis Pengaruh Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Tangible Agen PT. AJ Sequis Life Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya-Trusty. Agora Vol 3 No. 1

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset

Suparyanto, R.W. dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor : In Media

Swasta, Basu dan Irwan. 2005. Manajemen Pemasar Modern. Yograkarat : Liberty

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Kebijakan, Birokrasi dan Pelayanan Publik. Yogyakarta : Calpulis

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta : Andi Offset

Downloads

Published

2021-05-03