PENGARUH FAKTOR TANGIBLES DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN (STUDI KASUS: DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN)
Keywords:
Faktor Tangibles, Responsiveness, Kepuasan Masyarakat Kota MedanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangibles dan responsiveness baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat Kota Medan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS Version 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Tangibles tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan, (2) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan kepuasan masyarakat Kota Medan, dan (3) Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) Faktor Tangibles dan Responsiveness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan.
Downloads
References
Hadi, Nor. 2018. Pengaruh Emphaty, Tangible, Responsiveness, Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Desa. Bisnis Vol. 6 No.2
Halomoan, Chandra. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Di Perpustakaan Universitas Medan Area. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara
Ikhsan,Arfan,dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung : Citapustaka Media
Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan campuran Untuk Manajemen Pembangunan & Pendidikan. Bandung : Refika Aditama
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa : Pendekatan Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia
Lasa, H.S. 2009. Manajemen Perpustakaan Cet. II. Yogyakarta : Gama Media
Lupiyoadi, Rambat. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Margareth. 2003. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Mandar Maju
Pandita,Andi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Ritonga, Ferdiansyah dan Setiawan, Ivan Aries. 2011. Analisis Jalur (Path Analysis Dengan Menggunakan Program AMOS. Jakarta : Graha Ilmu
Ritonga, Siti Marwah. 2019. Pengaruh Tangible, Relialibity, Responsiveness, Assurance, Emphaty Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Sun Life Financial Indonesia Cabang Medan. Skripsi. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Sangadji, Etta M. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing
Soenaryo, Jason. 2015. Analisis Pengaruh Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Tangible Agen PT. AJ Sequis Life Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya-Trusty. Agora Vol 3 No. 1
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset
Suparyanto, R.W. dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor : In Media
Swasta, Basu dan Irwan. 2005. Manajemen Pemasar Modern. Yograkarat : Liberty
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Kebijakan, Birokrasi dan Pelayanan Publik. Yogyakarta : Calpulis
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta : Andi Offset