EFEKTIFITAS METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN

Authors

  • Sondang Purba Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hilma Mithalia Shalihat Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rahmi Wardah Ningsih Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Devi Permata Sari Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rotuah Meri Siagian Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Keterampilan berkomunikasi, Metode Bermain, Metode Perkembangan Sosial

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk membuktikan efektifitas  metode bermain terhadap perkembangan sosial dalam meningkatkan keterampilan sosial anak dengan menggunakan permainan tradisional. pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Pembina Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 17 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah siswa kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri pembina 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (untuk melihat perkembangan sosial), dan video, foto, dan scenario proses pelaksaanaan. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan bermain anak telah mencapai 70% dengan kreteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas Metode Bermain terhadap Perkembangan Sosial Anak menggunakan permainan Tradisional pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Pembina Medan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat penelitian deskriptif kualitatif pertama 1  berjumlah 23% berada pada  kriteria kurang baik.  Pada deskriptif kualitatif 2 meningkat mencapai 75%, sehingga keterampilan terhadap perkembangan sosial  anak rata-rata berada pada kriteria baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyani Novi. 2018, Perkembangan Dasar anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media

Undang-Undang RI no.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Undang - Undang RI. No. 137 tahun 2014 tentang STPPA(Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak)

Morrison George, 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT.Indeks

Mursid,M.Ag.2017,Pengembangan Pembelajaran PAUD:Bandung,PT Remaja Rosdakarya

Yus. 1987. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga

Fadillah M. 2017. Bermain dan Permainan. Jakarta : Kencana

JaniceJ.Beaty.2013, Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana,Prenadamedia Group

Hasanah dan Pratiwi.2016, Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Siswoyo Dwi. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Arikunto,Suharsimi.2006.Metodologi Penelitian.Yogyakarta:bina aksara.

Sugiyono. 2008. Pengantar Statistik. Bandung : Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Bjorklund dan Bjorklund, dkk, 1992. “Social change and Estonian parents’timeallocation to their children”. Journal of Comparative Family Studies

Boumand. 1994, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka .

Haryoko. 1997. National Standards for Parent/Family Involvement Programs.

Harun. Andereas Hartono. 2009. PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyani Sumantri. 2008, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta

Mochthar Syamsuar. 1987. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga

Montessori.1999. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Lentera Media

Siswoyo Dwi. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Sobur Alex, Stephen P. Robbins 1991. Organizational Behavior Vol. I. Translated by Hadyana. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Toha M. 2008. Pengantar Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Boumand. 1994, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kompas. Com 19 September 2018 Diakses pada Https://edukasi. kompas.com hari Senin, 18 Maret 2019 Pukul 13.14 WIB

Sobur Alex, Stephen P. Robbins 1991. Organizational Behavior Vol. I. Translated by Hadyana. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hurlock E.B. 1988. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Mulyasa. 2012. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : PT Kencana

Downloads

Published

2021-05-03