Pengaruh Penjualan Kilat Dan Cashback Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pengguna Aplikasi Lazada (Studi Kasus: Universitas Sari Mutiara Indonesia)

Authors

  • Fransisca Tiurma Damanik Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Parlindungan Purba Program Studi Hukum, Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Roberto Purba Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Penjualan Kilat, Cashback, Pembelian Impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penjualan Kilat dan cashback baik secara simultan maupun parsial terhadap perilaku Penjualan Impulsif pada pengguna lazada. Pada penelitian ini Penjualan Kilat dan cashback merupakan variabel bebas sedangkan pembelian impulsif merupakan variabel terikat. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner pada 100 responden pengguna aplikasi lazada, kemudian dianalisis dengan metode regresi linear berganda, lalu hipotesis diuji dengan uji f serta uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penjualan Kilat (x1) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel perilaku Penjualan Impulsif (y) sedangkan variabel cashback (x2) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel perilaku Penjualan Impulsif (y). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari setiap variabel secara simultan  dapat dilihat bahwa nilai nilai Fhitung (117,184) > ftabel (3,090) atau  sig. Sebesar  0,000 < 0,05. Data diolah secara statistik dengan menggunakan alat bantu program SPSS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L. (2020). Model Transaksi Keuangan Perdagangan Elektronik. In L. Abdillah, Bab 4 Model Transaksi Keuangan Perdagangan Elektronik (p. 5). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Andarini, S. (2021). Pengaruh Penjualan Kilat dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1),79-91

Anindhita, W. (2017). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online. Prosiding Seminar Nasional Indocompac.

Alamsyah, N., & Saino, S. (2021). Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian. AKUNTABEL, 18(4), 736-743.

Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Penjualan Impulsif Produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic,3(2),10-18.

Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15), 111-121

De Pinto Simanjuntak, O. (2022). Pengaruh Penjualan Kilat Promotion Dan Discount Terhadap Online Pembelian impulsif (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 383-387

Chamsa, F. N. (2022). Analisis Hukum Islam Terhadap Cashback Di Shopee. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 3887-3898

Di Crosta, A., Ceccato, I., Marchetti, D., La Malva, P., Maiella, R., Cannito, L., ... & Di Domenico, A. (2021). Psychological factors and consumer behavior during the COVID-19 pandemic. PloS one, 16(8), e0256095.

Herlina, H., Loisa, J., & SM, T. M. (2021). Pengaruh Model Promosi Penjualan Kilat Terhadap Minat Pembeli Dan Keputusan Pembeli Di Marketplace Online. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1637-1652

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Penjualan Kilat, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13), 38- 51

Keller, P. K. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kompas.com.(2022, April 6). Promo Shopee Big Ramadan Sale 2022, Ada Gratis Ongkir hingga Produk Serba Seribu. Diakses Pada Juni 1,2022, from https://money.kompas.com/read/2022/04/06/083100 926/promo-shopee-big-ramadan sale-2022-ada- gratis-ongkir-hingga-produk-serba

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162- 165

Purba, R. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bumi Malaya Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol.4 No.2.

Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior:Will the old habits return or die? Journal of Business Research, 117, 280–283

Sugiyono, p. D. (2019). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548- 559

Widayati, R. (2019). Aktivitas Pemasaran Produk Tabungan Pada PT.BPR Rangkiang Denai Payakumbuh Barat.

Wirapraja, A. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.

Yulianti, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Sleman: CV Budi Utama.

Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Penjualan Kilat Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4(1),63-70

Downloads

Published

2023-05-31