Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Web

Authors

  • Riah Ukur Ginting Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Nur Fajrianti Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Burhanuddin Damanik Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Dini M Hutagalung Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Keywords:

E-Learning, MySQl, PHP, Pembelajaran Daring, Sistem Informasi

Abstract

Telah diketahui bahwa system informasi memegang peranan penting dalam perusahaan maupun instansi pemerintahan ataupun lembaga pendidikan dalam menyediakan infor,masi yang berguna bagi kepentingan informasi maupun manajemen. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau instansi pemerintahan serta lembaga pendidikan yang memilki departemen teknologi informasi atau sistem informasi.Begitu juga di sekolah MAN 2 Aceh Tamiang menggunakan sistem informasi pembelajaran daring untuk menunjang kegiatan belajar mengajar antara guru dengan siswa di masa pandemi Covid-19. Aplikasi e-learning ini berfungsi untuk membantu meringankan penyampaian materi pelajaran antara guru dengan siswa dimana sistem ini nantinya setelah di hosting menggunakan domain apa saja, maka proses pembelajaran di sekolah MAN 2 Aceh Tamiang dapat dilakukan secara daring. Sistem kerja aplikasi ini terbagi menjadi tiga bagian pengguna yaitu admin, guru dan siswa. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Sehingga dengan adanya sistem ini diharapkan proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Aceh Tamiang dapat menjadi lebih efisien dan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Aisah dan H. Yanto, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI E- LEARNING BERBASIS WEB DI SMA N 9 PADANG,” hlm. 7, 2021.

V. Pratiwi dan S. L. Rahman, “Application of E-learning System in the World of Education,” International Journal of Research and Applied Technology, vol. 1, no. 1, hlm. 127–133, 2021..

G. Maulani, D. Septiani, dan P. N. F. Sahara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Fasilitas Maintenance pada PT. PLN (persero) tangerang,” icit, vol. 4, no. 2, hlm. 156–167, Agu 2018, doi: 10.33050/icit.v4i2.90.

M. Muslihudin dan Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

A. Fachreza, R. Sultonuddin, dan F. I. Pratama, “Rancang Bangun Sistem E-Learning untuk Sarana Belajar pada Wahidev.Com,” JINRPL, vol. 3, no. 1, hlm. 74, Mar 2021, doi: 10.36499/jinrpl.v3i1.4040.

A. Priamnistiko, Y. Handrianto, dan S. H. Sukmana, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Model Waterfall,” vol. 6, no. 1, hlm. 8, Mar 2021..

I. R. I. Astutik dan M. A. Rosid, Basis Data. Sidoarjo: UMSIDA PRESS, 2020..

C. Purnama, Sistem Informasi Manajemen. Mojokerto: INSAN GLOBAL, 2016

H. W. Oetomo dan P. B. Mahargiono, E-Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen: Program Studi S-1 Manajemen Tahun Ajaran 2019/2020. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.

Downloads

Published

2023-05-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>