PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Niscaya Hia Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Strategi Komunikasi; Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi antara guru dan siswa mengatasi hambatan  perkuliahan daring. Peneliti menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang melibatkan satu asisten profesor dan  30 mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara, Indonesia. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran online, mahasiswa mengalami kesulitan untuk memahami materi yang dijelaskan oleh dosen, dan yang paling penting adalah komunikasi yang baik, dosen dan mahasiswa memiliki hubungan komunikasi yang baik yaitu  menggunakan strategi kerjasama antara dosen dan mahasiswa. , sehingga  menghasilkan proses transmisi informasi dalam jaringan yang maksimal. Dalam hal ini didukung oleh dosen yang  menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif dan serba guna secara optimal, serta dosen memposisikan diri sebagai motivator dan inisiator agar mahasiswa bersemangat mengikuti pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqadri, S. N. Z., Iriani, R., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually Dan Repetition (AIR) Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 4(3), 108-115. http://103.81.100.242/index.php/jcae/article/view/782

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Fahmiati. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 85-89. http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1973

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol. 9 No. 2, hal. 137. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.

Kertamukti, R. (2013). Strategi Komunikasi Antarpribadi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Pengembangan Jiwa Kreatif. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(2), 27-35. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1167/1077

Levine, M., & Winduwati, S. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 157. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10220

Mahendra, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus: RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan. http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9806

Meidawati, Sobron A.N, Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 12(2), 084. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473 Mubaddilah Rafa'al. (2020). Gaya Komunikasi Dosen di Universitas : Respon Mahasiswa terhadap Gaya Komunikasi Dosen dalam Mengajar. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO, 1(2), 66-81.

Mustaji, N. (2015). Pemberdayaan Mahasiswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Kolaboratif Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaborasi. Jurnal Kwangsan, 3(1), 59. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n1.p59--76

Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 25-42. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (aplikasi online ) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 477-483.

Oktaviana, M., Rahmawati, D. P., & Sumardjijati. (2019). Strategi Mahasiswa Dalam Memahami Materi Pada Metode Pembelajaran Daring (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Upn "Veteran" Jawa Timur Dalam Memahami Materi Pada Metode Pembelajaran Daring). Voxpop, 73-79.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590

Saragih, S., Markus, T., Rhian, P., & Setiawan, S. (2021). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dan Mahasiswa Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 124. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p124--141

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta. Tamara, J., Sugiatno, Yanuarti, E., Warsah, I., & Yanto, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19. Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19, 19(2), 351-373.

Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde, 8(2), 165. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134

Wisman, Y. (2017). Effective Communication In Education. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646-654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039

Wulandari, L. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keberhasilan Belajar. Wawasan Pendidikan, 1(2), 135-139. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8656

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. JKG (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Yusuf Siregar, M., & Amiril Akbar, S. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19. At- Tarbawi, 12(2), 180-188. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i2.1832

Downloads

Published

2020-11-19