SISTEM MONITORING GAS KARBON MONOKSIDA DENGAN MENGIRIMKAN DATA SECARA REAL TIME

Authors

  • F Priyulida Program Studi Teknik Elektromedis, Fakultas Pendidikan Vokasi
  • Eriansyah Syahputra Program Studi Teknik Elektromedis, Fakultas Pendidikan Vokasi

Abstract

Saat ini himbauan informasi kesehatan sangat di perlukan dalam mendukung kelangsungan mahluk hidup dan sangat perlu dilakukan pemantauan polusi udara. Oleh karena itu diperlukan sebuah alat yang dapat memonitoring polusi udara. Pada penelitian ini membuat sebuah sistem yang dapat memonitoring gas karbon monoksida   secara real time Hasil pengukuran menggunakan alat untuk   memonitoring adanya gas beracun CO, dan mengirimkan data secara langsung pada interval 1 jam dengan mengirimkan data sebanyak 22 data gas beracun CO. Dan nilai hasil perkiraan pada periode 10 didapat nilai 55,33, pada perkiraan 1 di periode 11 didapat nilai 56,66, pada perkiraan 2 di periode 12 didapat nilai 55,87.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maryanto, D, Mulasari, S.A, Suryani, D. (2009) Penurunan Kadar Emisi Gas Buang Karbon

Monoksida (CO) Dengan Penambahan Arang Aktif Pada Kendaraan Bermotor Di Yoyakarta. Kesmas, 3(3), 198-205.

Mulyono, Misbah, Ariwinarno, H. (2015). Pembuatan Alat Deteksi Pencemaran Udara Untuk Gas Buang Industri (H2S dan NH3) Berbasis Mikrokontroller.

Sunil Karamchandani, Aaklin Gonsalves, Deven Gupta. 2016. Pervasive Monitoring of Carbon Monoxide and Methane using Air Quality Prediction. International Conference on Computing for Sustainable Global Development. IEEE. New Delhi, India. 16-18

March 2016.

Zhenghai Zhang, Zhifang Jiang, Xiangxu Meng, Shenghui Cheng, and Wei Sun. Research on Prediction Method of API Based on The Enhanced Moving Average Method. International Conference on Systems and Informatics.IEEE. Yantai, China. 19-20 May 2012.

Downloads

Published

2020-05-30