Apliaksi Media Belajar Bahasa Jepang Berbasis Android

Authors

  • Rianto Sitanggang Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Dayana Putri Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Bahasa Jepang adalah salah satu Bahasa asing yang diminati di Indonesia. Salah satu permasalahan yang mendasar dalam mempelajari Bahasa Jepang adalah Jepang memiliki banyak aksara yang digunakan antara lain Hiragana, Katakana, dan Kanji. Selain itu jepang juga memiliki tata cara urutan penulisan pada tiap hurufnya. Proses pembelajaran yang dilakukan di Kaiwa.id yang dilakukan secara onlinhe yang mana materi masih di berikan secara manual menggunakan ppt. Dimana pengajar akan membagikan  materi melalui shere screen.  Sehingga pelajar hanya mendapatkan materi selama jam  pelajaran  saja. Kaiwa.id membutuhkan  aplikasi yang  dapat membantu pelajar mendapatkan materi dasar di luar jam pelajaran dan Kaiwa.id hanya perlu mengulang penjelasan sedikit saja. Aplikasi  ini dibuat dengan Flutter menggunakan Bahasa pemograman Dart dan Visual Studio code sebagai teks editornya. Aplikasi ini berbasis Android. Dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah proses pembelajaran di Kaiwa.id.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Falahudin, “Pemanfaatan media dalam pembelajaran,” J. Lingk. Widyaiswara, vol. 1, no. 4, pp. 104–117, 2014.

A. Fitria, “Game Kyuzi Goes to Japan untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang menggunakan metode Fuzzy State Machine (FuSM) sebagai penentu perilaku Non-Playable Character (NPC).” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.

Y. P. Sari, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN OBATPADA APOTEK MERBEN DI KOTA PRABUMULIH,” jsk (Jurnal Sist. Inf. dan Komputerisasi Akuntansi), vol. 1, no. 1, pp. 81–88, 2017.

M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql,” lentera dumai, vol. 10, no. 2, 2019.

F. E. Krisnada and R. Tanone, “Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter,” J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., vol. 5, no. 3, 2019.

K. A. Ramadhan, “Sistem Informasi Kelulusan dan Kriptografi Ijasah pada Lembaga Pendidikan Penerbangan,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 2, 2019.

S. Hartati, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Kantor Notaris Dan Ppat Ra Lia Kholila, Sh Menggunakan Visual Studio Code,” J. Sist. Inf. Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 37–48, 2020.

S. Noer Rachman, “Program Pembelajaran Aksara Jepang Hiragana dan Katakana Menggunakan Java.” 2016.

W. A. Lestari, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8,” J. Penelitian, Univ. Negeri Yogyakarta, 2012.

H. M. Jogiyanto, “Analisis Perancangan Sistem Informasi,” Yogyakarta Andi Offset, 2001.

B. A. Priyaungga, D. B. Aji, M. Syahroni, N. T. S. Aji, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 3, p. 150, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.

Downloads

Published

2022-11-30

Most read articles by the same author(s)