Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bangunan Johor Mas Medan

Authors

  • Rina Maharaja Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mery Lani Purba Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rika Meihayani Ginting Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian di toko bangunan Johor Mas. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Populasi ini dihitung berdasarkan hasil rata-rata jumlah konsumen dalam satu minggu sebanyak 140 konsumen. Rumus sampling yang digunakan menggunakan rumus Slovin sebanyak 58 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan yaitu variabel harga berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dan variabel kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji determinan (R2) diperoleh kesimpulan bahwa harga dan kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, diketahui nilai koefisien determinasi (R-Square) adalah 0,506. Nilai tersebut dapat diartikan variabel harga dan kelengkapan produk mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 50,6% sisanya sebesar 49,4% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banjarnahor, Andreas (2018). Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Perumnas Regional I.Skripsi. Medan: Univesitas Medan Area.

Gunarsih, Cindy Magdalena, Johny AF Kalangi, and Lucky F. Tamengkel. 2021 "Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang." Productivity 2.1 69-72.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisike 13. Jakarta: Erlangga.

Lemana, Rosa. 2017. "Pengaruh Kelengkapan Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen." Jurnal Pemasaran 1.1

Prihantoko, Vigit. 2021.Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada (Studi Kasus Pada Konsumen Allyamart Grosir Dan Eceran Buntu Banyumas). Skripsi. Purwokerto : IAIN Purwokerto.

Putra, A., 2021. Padat Karya Perumahan Pulihkan Ekonomi Rakyat. [online] Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Available at: <https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/padat-karya-perumahan-pulihkan-ekonomi-rakyat> [Accessed 29 September 2022].

Ramadhani, Annisa Rizqia. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Bisnis Ritel. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Schiffman, Kanuk.2008 “Perilaku Konsumen”. Edisi 7. PT. Indeks. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung:

Tamara, Yogi. 2018. Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Indah Swalayan Panam Pekanbaru.Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Taufik, Hidayat. 2020. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Atha Mandiri Dukuhwaluh ).Skripsi. Purwokerto : IAIN Purwokerto.

Utami. Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operaional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2022-11-30

Most read articles by the same author(s)