Penerapan Konsep Ergonomi Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep ergonomi terhadap kenyamanan pemustaka dan kendala dalam penerapan konsep ergonomi terhadap kenyamanan pemustaka di di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dai penelitian ini adalah Kondisi lingkungan intemal perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menurut persepsi pemustaka secara garis besar sudah nyaman. Fasilitas-fasilitas dalam ruang perpustakaan ini telah cukup memadai dan tata letaknya telah menyesuaikan dengan kondisi ruangan. Jumlah fasilitas-fasilitas telah menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan ruang perpustakaan itu sendiri. Berbagai macam perlengkapan telah menambah kenyamanan bagi setiap pemustaka yang berkunjung. Banyak mahasiswa yang berkunjung untuk membaca buku, mencari informasi, mengerjakan tugas dan belajar kelompok bahkan ada pula mahasiswa yang memanfaatkan perpustakaan sebagai ruang untuk mempersiapkan perlombaan. Namun berdasarkan pengukuran, lingkungan internal perpustakaan masih ada beberapa fasilitas perpustakaan belum ergonomis atau perlu inventigasi lebih lanjut. Ada beberapa kondisi yang harus mendapatkan perbaikan dan diperhatikan
Downloads
References
Habsari, N.D. 1992. Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja : Aspek Penerangan, kebisingan dan Getaran di Tempat Kerja dan Pengendaliannya. Surakarta : Tri Tunggal Tata Fajar.
Lasa HS. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta : GamaMedia. McAtamney, LandCorlett, E.N. 1993
International Ergonomic Association (IEA) diunduh dari http://www.iea.cc/01_what/What is Ergonomics.html diakses tanggal 02/11//2022.
MetCalf, Keyes D. 1965. Planning Academic and Research Library Buildings. McGraw-Hill &ALA.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2006. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Khusus. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2009. Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swasty, Wirania. 2010. Merancang Rak Buku Kreatif. Jakarta: Griya Kreasi
Trimo, S. 1986. Pengetahuan dasar Dalam Perencanaan Gedung Perpustakaan. Bandung:Angkasa.
Tohirin.2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.
Wijoyo, W.H. 2008. Sekilas Tentang Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi, http://widodo.staff.uns.a c.id,l/2 l 12/2008/ diakses tanggal 02 Nopember 2022.