Remaja dan Teknologi Studi Kasus Dampak Perkembangan Teknologi Di Era Globalisasi Pada Remaja

Authors

  • Ajeng Ayu Lestari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Emmy Yuniarti Rusadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak apa saja yang dirasakan para remaja di era globalisasi saat ini yang ditunjang oleh data wawancara. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kuantitatif deskriptif dibantu dengan tinjauan studi literatur sederhana  yang  sesuai  dengan  materi  atau  pembahasan  penelitian.  Hasil  penelitian  dari wawancara menunjukkan bahwa semua responden menyatakan merasakan dampak dari globalisasi. Dampak yang paling mereka rasakan terutama mengenai perkembangan pada teknologi salah satunya gadget yang digunakan para remaja disetiap harinya. Dampak yang mereka rasakan antara lain seperti; pola hidup menjadi kurang sehat,  dampak penggunaan media social dan kegiatan e-commerce yang banyak dikeluhkan oleh para responden dalam jual beli online.  Oleh  karena  itu  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dampak  apa  saja  yang dirasakan para remaja dan menentukan solusi yang tepat untuk menanggulangi dampak yang mereka rasakan di era globalisasi saat ini yang ditunjang oleh data wawancara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Ana Puji. 2014. Teknologi Komunikasi Dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi Vol 3 No 1. Universitas Sebelas Maret.

Fadilla, Vanni. 2019. Pengaruh Perkembangan Teknologi Bagi Remaja. Universitas Negeri

Padang.

Gani, Alciano G. 2014. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.

Gultom, Maidin. 2013. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Sosial Para Remaja.

Media Unika-Majalah Ilmiah Vol 1 No 1. Universitas Katolik Santo Thomas: Sumatera

Utara.

Mayeni, Riska, 2019. Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai- Nilai Karakter. : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Vol 7 No 2.

KEMENKO PMK. 2021. Tantangan Pemuda Indonesia di Era Digital. https://www.kemenkopmk.go.id/tantangan-pemuda-indonesia-di-era-digital, diakses pada tanggal 24 Juni 2022.

Nadhifah, Sayyidatun.2018. Remaja Dan Globalisasi (Studi Kasus Tentang Perilaku Keagamaan Remaja Pada Era Globalisasi di Kelurahan Tlogoanyar Kabupaten Lamongan). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ngafifi, M. 2014. Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya.

Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi.

Nurdiyana. 2020. Fasih Berbhinneka Bagi Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa.

Universitas Pamulang.

Nurwati, Nunung, dkk. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal

Prosiding Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1.

Rahman, Ali. 2016. Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam Vol 14 No 1.

Setiawan, Evelyn. 2014. Analisis Sikap Konsumenterhadap Produk Fashion Lokal Dan Impor.

Jurnal Economia Vol 10 No 1, Universitas Pelita Harapan Surabaya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. Supiani, Eka. 2020. Pengaruh Globalisasi Teknologi Terhadap Remaja. STAIN Pamekasan.

Downloads

Published

2022-11-30