Kecemasan, Kemampuan Dan Kebiasaan Berbahasa Inggris
Keywords:
kecemasan, kebiasaan berbahasa Inggris, English as a foreign languageAbstract
Kecemasan berbahasa Inggris dapat menghambat kemampuan Bahasa Inggris siswa. Namun, kebiasaan berbahasa Inggris di luar maupun di lingkungan sekolah dapat membantu mengurangi kecemasan. Penelitian bertujuan untuk menemukan korelasi antara kebiasaan berbahasa inggris, kecemasan dan kemampuan berbahasa Inggris. Partisipan dalam penelitian ini adalah 5 orang anak SMP kelas 7 dan 8. Kelima anak SMP dipilih secara acak dari sebuah Lembaga kursus Bahasa Inggris. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui adaptasi survey FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale). FLCAS dipakai unutk mengetahui tingkat kecemasan yang dirasakan siswa. Sedangkan, data kualitatif diperoleh melalui interview dan observasi. Observasi dilakukan selama 3 hari dengan memberi kegiatan kepada siswa yang melibatkan kemampuan menulis, membaca, mendengar dan berbicara. Di akhir kegiatan, semua siswa diinterview untuk mengetahui kegiatan yang mereka jalani dan kecemasan berbahasa inggris yang mereka rasakan selama belajar Bahasa inggris. Siswa juga ditanya tentang motivasi belajar Bahasa Inggris dan kebiasaan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa yang terbiasa berbahasa Inggris memiliki kecemasan berbahasa yang lebih rendah dan kemampuan Bahasa Inggris yang lebih tinggi.