PENGARUH KETERLIBATAN PELANGGAN DAN PEMASARAN SOSIAL MEDIA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI LIM’S CAFÉ KISARAN

Authors

  • Maretta Ginting Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Elizabeth Haloho Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Keterlibatan Pelanggan, Pemasaran Sosial Media, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Fenomena dalam penelitian ini yaitu di Lim’s Cafe Kisaran. Di kota Kisaran, semakin banyak persaingan bisnis yang semakin kompetitif, maka keterlibatan pelanggan dan pemasaran media sosial sangat berpengaruh terhadap loyalitas dalam menjalankan suatu bisnis agar berjalan  lancar. Berdasarkan hasil survey sementara dapat dilihat bahwa adanya keterlibatan yang cukup baik di cafe tersebut namun pemasaran media sosialnya kurang bisa mempengaruhi loyalitas. Jadi dalam penelitian ini peneliti tertarik menggunakan variabel bebas yaitu Keterlibatan Pelanggan(X1), Pemasaran Media Sosial(X2) dan variabel terikat adalah Loyalitas Pelanggan(Y). Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 78 responden dengan metode purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis datanya yaitu analisis linier berganda dan uji asumsi klasik dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22.  Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t, uji f, dan R2. Berdasarkan analisis data pada penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, uji heteroskedastitas dan multikolinieritas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal dan tidak terdapat multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f diketahui bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Nilai R squere sebesar 19.6% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel sedangkan sisanya sebesar 80.4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di oleh penelitian ini. Dari hasil penelitian diatas maka disimpulkan bahwa keterlibatan pelanggan dan pemasaran media sosial secara bersama positif berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P. a. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Davidson, L. (2015) Is your daily social media usage higher than average? - Telegraph. [Online]. 2015. The Telegraph. Available from: http://www.telegraph.co.uk/finance/news bysector/mediatechnologyandtelecoms/11 610959/Is-your-daily-social-media-usage- higher-than-average.html.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta: Erlangga
Ni Made Purnami, A. G. (2017). Jurnal Peran Customer Engagement Memediasi Pengaruh Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Konsumen.
Odytri Caesar Mahayani, I. A. (2019). Odytri Caesar Mahayani, Ismiarta APengaruh Customer Engagement Melalui Media Sosial terhadap Kepercayaan Merek (Studi Kasus : Instagram Shopee), Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Rony Adita Muslim, N. H. (2019). Analisis Pengaruh Pemasaran melalui Media Sosial terhadap Loyalitas Merek pada Instagram Tomoo Steak, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Sakinah, S. (2014). Analisis Customer Engagement Body Shop Indonesia Melalui Twitter : Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia.
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-dan-tips-meningkatkan-loyalitas-pelanggan/
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-facebook-dan-sejarah-pendirian-facebook

Downloads

Published

2022-02-14