SINKRONISASI DATA DISCAPIL DAN KELURAHAN DWIKORA KECAMATAN MEDAN HELVETIA SEBAGAI PESERTA PEMILU

Authors

  • Dr. Tiromsi Sitanggang, SH.,MH Program Studi Hukum, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Dr. Parlindungan Purba, MM Program Studi Hukum, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Marupa Siregar, SE.,MM Program Studi Akuntansi, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Keywords:

Domisili, Catatan Sipil, Kuasa Hukum

Abstract

Untuk mengetahui singkronisasi data penduduk untuk peserta pemilu diperlukan penyesuaian antara data penduduk pada discapil dan kelurahan. Untuk membuktikan diperlukan data berupa sampel penduduk yang dibubuhi dengan kuesioner tentang domisili, catatan sipil dan kuasa hukum. Untuk mendapatkan hasil dengan menggunakan spss untuk hubungan parsial dan simultan melalui pembuktian dengan menggunakan statistika.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya domisili dijadikan sebagai keabsahan sesuai KTP yang dimiliki pribadi yang dipersyaratkan oleh undang-undang untuk diberikan undangan pencoblosan pelaksanaan pesta demokrasi. Dengan adanya catatan sipil melalui data kelurahan memberikan kepastian untuk ikut pesta demokrasi yang secara resmi mendapatkan undangan. Dalam kuasa hukum mutlak dan relatif tidak memberikan dampak pada persepsi masyarakat sebagai syarat peserta dimana banyak masyarakat kurang faham tentang isi dan makna secara hukum. Masyarakat cenderung berorientasi pada syarat dasar yang dimilik dan dibuktikan secara fisik sesuai dengan keadaan yang dialami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enrico Simanjuntak, (2018), Hukum acara Peradilan Tata Usaha Negara, Cetakan ke-1, Sinar Grafika, Jakarta, 2018 Muhammad, Abdulkadir, Hukum Perdata Indonesia. PT. Citra Aditya Bakti. IKAPI
Fernando M. Manulang, (2016) Legisme, Legalitas dan Kepastian Hukum, Cetakan ke-1, Prenadamedia Grup, Jakarta
Setiawan, I Ketut Oka. 2010. Hukum Perdata Tentang Orang dan Benda. FH Utama. Jakarta
Sudikno Mertokusumo, (2019) Perbuatan Melawan Hukum oleh Pemerintah, Cetakan I, CV. Maha Karya Pustaka, Yogyakarta,
Sutantio, Retnowulan, (2002). Hukum Acara Perdata Dalam Teori dan Praktek. Mandar Mauju, Bandung
Azka Abdi Amrurobbia, Moch Edward Trias Pahlevib, Rio Kalpiando, Tantangan Pemilih Difabel Dalam Pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Jurnal Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia Vol. 2 No. 2, Mei 2021 www.journal.kpu.go.id 2021 (halaman 125-140)
Derita Prapti Rahayu. Hukum Perdata Internasional Indonesia Bidang Hukum Keluarga (Family Law) Dalam Menjawab Kebutuhan Global dalam Jurnal Hukum Progresif Vol. XII/No.1/ Juni 2018 (halaman 1987-2001)
Ivan S. Randang . Tinjauan Yuridis Tentang Peranan Identitas Domisili Dalam Menentukan Kompetensi Relatif Pengadilan dalam Journal Vol. IV/No. 1/Jan/2016 (halaman 24-32) Lex Privatum
Mahpudina, Francisca Mega Lestari, Pemilihan Serentak Di Tengah Pandemi Covid-19: Praktik Politisasi Anggaran Dan Bantuan Sosial Oleh Calon Petahana Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia Vol. 2 No.2, Mei 2021 www.journal.kpu.go.id (halaman 162-184)
Ulya Fuhaida h, M. Ali Mubarak, Problematika Komisi Pemilihan Umum Merangin Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Orang Rimba Jambi dalam Jurnal Colectoral Goverance Tata Kelola Pemilu Indonesia Vol. 2 No. 2, Mei 2021 www.journal.kpu.go.id (halaman 105-124)

Downloads

Published

2021-11-30